VIDEO: Pengungsi Wamena Asal NTT Trauma Berat. Nelfi Pono Tak Mau Kembali Lagi. Tonton Videonya

VIDEO: Pengungsi Wamena Asal NTT Trauma Berat. Nelfi Pono Bersikukuh Tak Mau Pulang Lagi. Itu terungkap saat para pengungsi tersebut tiba di Kupang.

VIDEO: Pengungsi Wamena Asal NTT Trauma Berat. Nelfi Pono Tak Mau Pulang Lagi. Ini Videonya

POS-KUPANG.COM, KUPANG – VIDEO: Pengungsi Wamena Asal NTT Trauma Berat. Nelfi Pono Tak Mau Pulang Lagi. Ini Videonya

Gara-gara konflik yang melanda Wamena, Provinsi Papua Barat pada September 2019 lalu, warga pendatang termasuk NTT, mengungsi dari daerah itu.

Pada Sabtu (19/10/2019) pagi, sebanyak 54 kepala keluarga dari total 152 KK, tiba di Pelabuhan Tenau Kupang dengan menggunakan Kapal Bukit Siguntang, pukul 06.43 Wita. 

VIDEO: Lihat Anak Maumere Ini, Nekad Berjalan dan Bergelantung di Tali Menuju Kapal. Ini Videonya

VIDEO: Korban Kerusuhan Wamena-Papua Tiba di Flores. Mereka Bawa Pakaian Seadanya. Ini Videonya

VIDEO: Aparat Keamanan di NTT Siap Amankan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden. Tonton Videonya

Sedangkan pengungsi lainnya sudah pulang ke daerah masing-masing seperti Maumere, Nagekeo, Ende, Flores Timur (Flotim) dan Manggarai.

54 Pengungsi itu baru tiba di Pelabuhan Tenau Kupang untuk selanjutnya dipulangkan ke daerah asal masing-masing, baik di Kabupaten Kupang, So'E, Belu, Malaka, Alor dan Kabupaten Rote Ndao.

Sesuai rencana, para pengungsi tersebut selanjutnya difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi (Pempro) melalui Dinas Sosial NTT menuju daerah tujuan.

Untuk membantu para pengungsi tersebut, personel tagana dikerahkan untuk menjemput dan membantu para pengungsi itu saat turun dari kapal.

Saat itu personel tagana membantu menggendong anak-anak dan mengangkat barang-barang lainnya yang dibawa pengungsi, untuk turun dari kapal.

Setelah turun dari kapal, para eksodus Wamena itu diarahkan menuju Posko Kemanusiaan Penanganan Korban Konflil Sosial Wamena Papua yang sudah disiapkan di Pelabuhan Tenau Kupang.

Halaman
123
Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Frans Krowin
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved