VIDEO: Kelainan Refraksi Mata Masih Nomor 1 di Kota Kupang. Tonton Videonya

VIDEO: Kelainan Refraksi Mata Masih Nomor 1 di Kota Kupang. Hal ini diungkapkan dokter spesialis mata Poli Bedah RSUD SK Lerik Kota Kupang, dr. Novi.

VIDEO: Kelainan Refraksi Mata Masih Nomor 1 di Kota Kupang. Tonton Videonya

POS-KUPANG.COM, KUPANG – VIDEO: Kelainan Refraksi Mata Masih Nomor 1 di Kota Kupang. Tonton Videonya

Berdasarkan daftar kunjungan pasien di Poli Mata Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) SK Lerik Kota Kupang, kelainan refraksi menempati urutan teratas, nomor 1 di Kota Kupang.

Kelainan refraksi mata itu menduduki ranking pertama dari berbagai keluhan pasien yang memeriksakan kesehatan di rumah sakit tersebut. 

Hal tersebut diungkapkan dokter spesialis mata, Dr Novita, ketika ditemui di Poli Mata, RSUD SK Lerik, Kamis (17/10/2019). 

VIDEO: Istri Gubernur NTT Julie Sutrisno Laiskodat Sibuk Ajari Anak Mencuci Tangan. Tonton Videonya

VIDEO: Diduga Konsumsi Daging Sapi Mati, Puluhan Warga TTU Dilarikan ke Puskesmas. Ini Videonya

VIDEO: Gubernur Viktor Laiskodat Dikabarkan Sudah Pamit dengan Staf di Kantor Gubernur. Ini Videonya

Dikatakannya, kelainan refraksi tersebut, membutuhkan kacamata untuk penglihatan jauh dan dekat. Selain kelainan refralsi, penyakit mata lainnya seperti infeksi pada mata, juga banyak di Kota Kupang.

Hanya saja, penyakit infeksi pada mata itu bersifat musiman. Misalnya, musim wabah atau saat masa pancaroba, maka infeksi mata selalu meningkat. 

Yang harus disadari masyarakat, katanya, yakni katarak. Karena katarak biasanya terjadi seiring penambahan usia. 75 Persen orang mengalami katarak, karena usia. 

Selain itu, katanya, masyarakat juga harus mewaspadai glaukoma dan retinopati diabetik. Pasalnya, penyakit diabetes yang tidak terkontrol bisa merusak saraf mata.

Mulai dari struktur mata depan dengan kejadian mata kering, masuk ke dalam mata bisa jadi infeksi, inflamasi, iris sampai terjadi glaukoma,  kebelakang bisa menyebabkan katarak, kelainan pada cairan mata, pendarahan retina sampai pada kebutaan. 

Halaman
12
Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Frans Krowin
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved