Breaking News:

Opini Pos Kupang

Multi-Talenta Generasi Milenial Lokal

Atribut generasi milenial selalu dihubungkan dengan generasi yang berpendidikan; generasi yang peduli pada pola hidup sehat

Editor: Kanis Jehola
Multi-Talenta Generasi Milenial Lokal
DOK POS-KUPANG.COM
Logo Pos Kupang

Oleh Silverius CJM Lake, Dosen Universitas Bina Nusantara dan Pemerhati Masyarakat Lokal

POS-KUPANG.COM - Atribut generasi milenial selalu dihubungkan dengan generasi yang berpendidikan; generasi yang peduli pada pola hidup sehat; generasi yang bekerja di bidang perbankan, bisnis, dan pelayanan masyarakat. Orientasi generasi milenial terdidik dan terampil adalah profesionalitas dan penguasaan hal teknis untuk masuk ke Dunia Usaha dan Dunia Industri ( DUDI).

Penguasaan pengetahuan teoretis dan praktik terutama teknologi dan inovasi menjadi tuntutan zaman serta kriteria populer generasi milenial. Mereka menyadari bahwa kemajuan teknologi dan inovasi memiliki berbagai dampak positif. Selain itu, sejarah ilmu pengetahuan dan teknologi memengaruhi dan memampukan mereka untuk prediksi teknologi baru yang akan meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di masa yang akan datang.

Atribut generasi milenial sesungguhnya koneksi dengan multi-talenta yang dimiliki. Bagaimana aktualisasi dan realisasi potensi serta multi-talenta generasi milenial? Bagaimana institusi pendidikan lokal menggali dan menciptakan generasi milenial lokal yang profesional dan karakteristik?

Baca juga: Segera Atasi Bendung Kambaniru

Baca juga: Renungan Harian Katolik, Jumat 28 Mei 2021: KUTUKAN & BERBUAH

Analisis terhadap pertanyaan tersebut akan diurai melalui kategori pendidikan. Dalam hal ini, kategori pendidikan yang orientasi pada keterampilan personal dan profesional. Pencapaian ini hanya mungkin terwujud jika didukung pendidikan menengah kejuruan dan perguruan tinggi vokasional.

Pendekatan Pemerintah Lokal

Di sini pemerintah lokal yang otonom berperan untuk mengkaji dan mengeluarkan kebijakan terkait persiapan masa depan generasi milenial lokal. Tanggal 5 Mei 2021 yang lalu, Badan Pusat Statistik Provinsi NTT menyampaikan berita pertumbuhan ekonomi triwulan satu sebesar 0,12 persen.

Dan, struktur ekonomi Provinsi NTT masih dikuasai bidang usaha pertanian, kehutanan, dan perikanan sebesar 29, 43 persen. Sementara, tingkat pengangguran terbuka bulan Februari 2021 sebesar 3,38 persen.

Pengangguran terbuka yang sering terlihat antara lain pencari kerja. Selain itu, mereka yang sedang menyiapkan suatu usaha bisnis. Namun, masih ada juga segenap masyarakat yang pasrah pada keadaan dan tidak memiliki inisiatif untuk bergerak menemukan pekerjaan.

Baca juga: Pemerintah Provinsi NTT Bantu Mesin Penyulingan Air Laut Jadi Air Tawar Untuk Warga Nuca Molas 

Baca juga: Indeks Profesionalitas ASN Manggarai Tempati Urutan Ke-18, Thomas Edison Berharap Ada Perubahan

Sebaliknya mereka yang sudah bekerja merencanakan pengalihan ke bidang kerja yang lain karena satu dan lain hal tertentu.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved