Berita Rote Ndao

Sebagian Besar Daerah Pesisir Rote Ndao Budidaya Rumput Laut 

kebanyakan mereka bisa di area pasang surut maupun di area yang agak dalam, tapi ibu-ibu biasanya lebih rajin dari laki-laki

Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/HO-DOK ISTIMEWS
RUMPUT LAUT - Foto Petani Rumput Laut di Kecamatan Rote Barat Daya, Kabupaten Rote Ndao. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Mario Giovani Teti

POS-KUPANG.COM, BA'A - Potensi rumput laut di Rote Ndao sangat mumpuni dan menjadi penyokong kehidupan masyarakat.

Hal ini terbukti dari informasi yang berhasil dihimpun dari POS-KUPANG.COM, Senin, 19 September 2022, saat menemui Kabid Budidaya, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil Dinas Perikanan Kabupaten Rote Ndao, Isnugroho.

"Untuk saat ini, ada 76 desa pesisir di Rote yang sebagian besar masyarakat pesisir adalah petani rumput laut," sebut Isnu.

Baca juga: Berdayakan SDM, Pemkab Rote Ndao Lewat Disbudpar Latih Pemandu Wisata Selam di Nemberala

Ia melanjutkan, dari sektor budidaya rumput laut, merupakan komoditas unggulan Rote Ndao.

"Jadi ketika rumput laut mulai masuk di Rote, maka secara perlahan menjadi penyokong terbesar dari masyarakat pesisir," tandasnya.

Menurutnya,  kalau bisa dilihat, kenapa petani rumput laut bisa begitu cepat masuk ke masyarakat pesisir, karena rumput bisa dibudidayakan oleh laki-laki maupun perempuan.

"Kalau laki-laki itu, kebanyakan mereka bisa di area pasang surut maupun di area yang agak dalam, tapi ibu-ibu biasanya lebih rajin dari laki-laki. Makanya di area pasang surut itu biasanya lebih didominasi oleh pembudidaya ibu-ibu," ungkap Isnu.

Ketika budidaya rumput laut berkembang, masih kata dia, yang artinya menjadi penopang terutama kehidupan masyarakat, dilihat dari sisi usaha, membutuhkan modal yang tidak terlalu besar, tetapi hasilnya jauh lebih besar dari modal yang dikeluarkan.

Baca juga: Pemerintah Kabupaten Rote Ndao Tetapkan HET BBM Subsidi dan Non Subsidi

"Modalnya hanya tali dan bisa bertahan dipakai sampai 3 tahun, modal yang berikut adalah patok dan pelampung," kata Isnu.

Halaman
123
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved