Berita Pemprov NTT

PLN NTT Dukung Rencana Pembangunan PLTS di Pulau Sumba

PLTS ini dikelola oleh pihak swasta dan menyalurkan energi listrik ke wilayah setempat.

Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/HO-DOK. PLN UW NTT
Kepala PLN UIW NTT, Agustinus Jatmiko saat sedang menjelaskan kegunaan ruang kontrol di Kantor PLN ULTG Kelurahan Maulafa Kota Kupang,Selasa 18 Januari 2022 

Laporan Kontributor POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Perusahaan Listrik Negara (PLN) UIW NTT mendukung rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Pulau Sumba NTT.

Dukungan itu bisa ditunaikan bila ada Rencana Umum Penyedia Tenaga Listrik (RUTL) yang diterbitkan oleh Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM).

Kepala PLN UIW NTT, Agustinus Jatmiko, yang dihubungi Selasa 18 Januari 2022 menyampaikan itu.

Baca juga: BPK Ingatkan Pemprov  NTT Segera Susun Laporan Keuangan

Dia menjelaskan, setelah RUTL diterbitkan, PLN kemudian melakukan Kajikan Kelayakan Project (KKP).

Pada prinsipnya, PLN UIW NTT sendiri siap dengan rencana tersebut asalkan adanya RUTL dari kementerian ESDM RI. Jatmiko juga menerangkan, kalau kesiapan dari Sumberdaya Manusia yanf ada di PLN tentu akan siap dengan rencana tersebut setelah adanya kajian dari PLN.

"Jadi kita di PLN NTT menindaklanjuti dengan membuat kajian kelayakan. Itu inisiasi awal ya, nanti setelah itu baru berproses di PLN pusat," kata Jatmiko.

Baca juga: Pemprov NTT Berencana Bangun Pabrik Semen di Kupang

Ia mengaku senang,  apalagi NTT mempunyai potensi energi terbarukan seperti tenaga Surya. Selain di Pulau Sumba, Jatmiko menyebut ada wilayah lain juga dengan potensi yang sama seperti di Pulau Timor.

Di Pulau Timor, kata Jatmiko, PLN sudah menyusun kajian project untuk tenaga Surya. PLN mencatat, PLTS di pulau Timor berada di Kabupaten Belu, dan Timor Tengah Utara (TTU), namun begitu ia mengaku potensi yang ada di Pulau Timor sangat banyak tergantung ketersediaan lahan yang mencukupi.

Selain itu, sebut Jatmiko, di pulau Flores tepatnya di Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat juga potensi pembangunan PLTS, bahkan saat ini sedang disusun kelayakannya untuk mendukung penyelenggaraan G20.

Baca juga: Sasando Diklaim Negara Srilanka, Pemprov NTT Beri Peringatan ke WIPO

Direncakan pembangunan PLTS itu berkekuatan 2x15 mega Watt dibangun didarsh antara Golomori atau pada area kosong seluas 30 hektar. Nantinya, akan mencakup wilayah khusus Labuan Bajo.

PLN UIW NTT mencatat juga, PLTS milik  swasta berada di Kabupaten Sumba Timur, Kabupaten Kupang, Kabupaten Belu, Kabupaten Sika, Kabupaten Ende.

PLTS ini dikelola oleh pihak swasta dan menyalurkan energi listrik ke wilayah setempat.

Sementara itu, untuk PLTS yang dimiliki PLN sendiri tersebar di 40 lokasi. Jumlah ini lebih dikhususkan pada daerah terpencil atau belum tersambung listrik negara. (*)

Berita Pemprov NTT Terkini

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved