Breaking News:

Bupati Belu, Agus Taolin Puji Petani Tomat di Desa Umaklaran

Hal itu merupakan modal dasar yang harus dipertahankan dan ditingkatkan demi kesejahtaraan petani.

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Rosalina Woso
Bupati Belu, Agus Taolin Puji Petani Tomat di Desa Umaklaran
POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS
Bupati Belu, dr. Taolin Agustinus, SpPD dan Wakil Bupati Belu, Drs. Aloysius Haleserens, MM saat menanam tomat di lahan kelompom tani Mandiri, di Dusun Taektoo, Desa Umaklaran, Kecamatan Tasifeto Timur, Kamis 6 Mei 2021.

Bupati Belu, Agus Taolin Puji Petani Tomat di Desa Umaklaran

POS KUPANG.COM| ATAMBUA--Bupati Belu, dr. Taolin Agustinus, SpPD memuji anggota Kelompok Tani Tomat Mandiri di Dusun Taektoo, Desa Umaklaran, Kecamatan Tasifeto Timur yang berusaha keras mengembangkan tomat dan hasilnya memuaskan.

Bupati Belu juga turut berbangga karena petani memiliki semangat dan kemampuan untuk menerapkan teknologi pertanian untuk jenis tanaman hortikultura. Hal itu merupakan modal dasar yang harus dipertahankan dan ditingkatkan demi kesejahtaraan petani.

"Saya merasa bangga dan apresiasi kepada kelompok tani Tomat Mandiri. Kita lihat disini ada unsur pemerintahan, ada petaninya, dan ada swastanya. Pola seperti ini yang baik. Pihak swasta tanpa menunggu apa-apa sudah membantu, tentu ada keuntungannya, kita hargai itu, namun inisiatif ini yang kita pelihara,” ungkap Bupati Belu saat panen perdana tomat milik kelompok tani Tomat Mandiri, Kamis 6 Mei 2021.

Baca juga: Bupati Belu, dr. Agus Taolin Blusukan ke Sawah Tulakadi 

Sebelum melakukan panen perdana, Bupati dan Wakil Bupati Belu melakukan penanaman tomat secara simbolis bersama anggota kelompok tani Tomat Mandiri yang berada pada lokasi yang berbeda. 

Hadir saat itu, Wakil Bupati Belu, Drs. Aloysius Haleserens, MM didampingi Dandim 1605/Belu, Letkol Inf. Wiji Untoro, Pj. Sekda Belu, Frans Manafe, S.Pi, Anggota DPRD Provinsi NTT, Bernardinus Taek, Kadis Pertanian Belu, Gerardus Mbulu, Plt. Kadis Koperasi, Elfridus Hale, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Christoforus M. Loe Mau, Camat Tasifeto Timur, Vinsensius Moruk, Sekretaris Dinas Pertanian, Kepala Desa Umaklaran, pengusaha, anggota kelompok tani, tokoh adat dan tokoh masyarakat. 

Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Perbatasan BNPP RI, Drs. Robert Simbolon, MAP didampingi 
Bupati Belu, dr. Agus Taolin, Sp.PD saat memimpin rakor dan Konfirmasi Rencana Aksi Pelaksanaan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2021 di Lantai III PLBN Motaain, Rabu 5 Mei 2021.
Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Perbatasan BNPP RI, Drs. Robert Simbolon, MAP didampingi Bupati Belu, dr. Agus Taolin, Sp.PD saat memimpin rakor dan Konfirmasi Rencana Aksi Pelaksanaan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2021 di Lantai III PLBN Motaain, Rabu 5 Mei 2021. (POS-KUPANG.COM/TENI JENAHAS)

Baca juga: Wujudkan Kota Atambua Bersih dan Sehat, Bupati Belu Agus Taolin Motivasi Petugas Kebersihan

Dalam arahannya, Bupati Belu menyampaikan rasa bangga dan apresiasi kepada Kelompok Tani Tomat Mandiri yang secara swadaya telah berhasil mengembangkan usaha tani hingga panen dan hasilnya bagus.

Lanjut Bupati Belu, panen tomat yang dilakukan itu merupakan contoh dan model bagi kelompok tani di Kabupaten Belu karena poktan Mandiri sudah mampu mengaplikasikan teknologi pertanian di lapangan dan hasilnya bagus.

Menurut Agus Taolin, pandemi covid-19 yang mendunia saat ini telah menghancurkan sendi-sendi ekonomi internasional, namun Indonesia masih berada dalam keadaan yang aman karena salah satunya terdapat kelompok-kelompok tani.

Bupati Belu, dr. Agus Taolin, Sp.PD sidak di RSUD Mgr. Gabriel Manek, SVD, Rabu 28 April 2021. 
Bupati Belu, dr. Agus Taolin, Sp.PD sidak di RSUD Mgr. Gabriel Manek, SVD, Rabu 28 April 2021.  (POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS)

“Kita bersyukur, walaupun kemarin ekonomi internasional hancur lebur, namun Indonesia masih beruntung karena kegiatan- kegiatan seperti ini yang menghidupkan masyarakat tanpa harus impor bahan dari daera lain", ujarnya.

Baca juga: Agus Taolin-Alo Serens Mulai Benahi Kabupaten Belu dari Pelayanan Dasar Masyarakat

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved