Agus Taolin-Alo Serens Mulai Benahi Kabupaten Belu dari Pelayanan Dasar Masyarakat

Komitmen itu ditandai dengan kegiatan dan agenda kerja mereka di hari pertama masuk kantor, Rabu 28 April 2021. 

Penulis: Teni Jenahas | Editor: Rosalina Woso
POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS
Bupati Belu, dr. Agus Taolin, Sp.PD sidak di RSUD Mgr. Gabriel Manek, SVD, Rabu 28 April 2021.  

Agus Taolin-Alo Serens Mulai Benahi Kabupaten Belu Dari Pelayanan Dasar Masyarakat

POS KUPANG.COM| ATAMBUA--Kepemimpinan Bupati Belu, dr. Agus Taolin, Sp.PD dan Wakil Bupati, Drs. Aloysius Haleserens mulai membenahi pembangunan di Kabupaten Belu dari urusan pelayanan dasar masyarakat dan etos kerja Aparatur Sipil Negara (ASN).

Komitmen itu ditandai dengan kegiatan dan agenda kerja mereka di hari pertama masuk kantor, Rabu 28 April 2021. 

Bupati dan Wakil Bupati Belu masuk kantor sebelum jam kerja kantor mulai atau sebelum jam 07.00 pagi. Kedua pemimpin yang baru dua hari dilantik Gubernur NTT, Viktor Laiskodat itu langsung membagi peran di hari pertama. Mereka langsung tancap gas dan mengatur kemudi menuju perubahan Kabupaten Belu yang baik. 

Pantuan Pos Kupang.Com, waktu pagi, Bupati Belu memimpin rapat bersama dengan pejabat dari pusat terkait program percepatan daerah perbatasan. Dilanjutkan dengan vicon bersama pemerintah provinsi.

Baca juga: Bupati Belu dr. Agus Taolin Sidak ke RSUD Atambua, Petugas Gugup 

Dalam waktu bersamaan, Wakil Bupati, Alo Serens berkeliling untuk sidak di kantor-kantor dinas, badan yang berada di radius Kantor Bupati. Sasaran pertama sidak Wakil Bupati adalah Satuan Pol PP, sebagai instansi yang mengurus ketertiban umum dan ketemtraman serta penegakan peraturan daerah dan perlindungan masyarakat.

Bupati Belu, dr. Agus Taolin melakukan inspeksi mendadak (sidak) sekaligus simulai alur pelayanan dan penanganan pasien di RSUD Mgr. Gabriel Manek, SVD Atambua, Rabu (28/4/2021).
Bupati Belu, dr. Agus Taolin melakukan inspeksi mendadak (sidak) sekaligus simulai alur pelayanan dan penanganan pasien di RSUD Mgr. Gabriel Manek, SVD Atambua, Rabu 28 April 2021. (POS-KUPANG.COM/TENI JENAHAS)

Tujuan sidak ini untuk menegakkan disiplin kerja ASN yakni, masuk kantor tepat waktu dan mendorong ASN agar melaksanakan tugas pelayanan kepada masyarakat secara baik demi mewujudkan perubahan bagi Kabupaten Belu.

Meningkatkan etos kerja kerja ASN merupakan langkah strategis yang harus diperhatikan oleh kedua pemimpin baru yang biasa disebut AT-AHS ini. Bagi kedua pemimpin ini, merubah Belu harus mulai dari etos kerja yang tinggi. Artinya bekerja sepenuh hati, semangat dan menghasilkan prestasi.

Baca juga: Agus Taolin-Alo Serens Permudah Investasi Hari Pertama Bupati-Wabup Belu Bertugas

Di hari yang sama namun berbeda jam, Bupati Belu, dr. Agus Taolin melakukan sidak di RSUD Mgr. Gabriel Manek, SVD, Rabu 28 April 2021. Sasaran sidak ini lebih kepada urusan pelayanan dasar yang sering kali dikeluhkan masyarakat Belu. 

Kedatangan Bupati Belu ke RSUD Atambua didampingi Kepala Dinas Kominfo, Johanes Andes Prihatin, Kadis Kesehatan, Theresia Saik dan Kabag Protokol dan Pimpinan Daerah, Chritoforus Loe Mau.

Tiba di rumah sakit sekitar pukul 12. 00 Wita, Bupati diterima Direktur RSUD Atambua, dr. Batsheba Elena Corputty, MARS dan para kepala bidang. 

Baca juga: Agus Taolin dan Alo Serens Tekankan Etos Kerja ASN, Data dan Pendampingan

Sidak yang dilakukan Bupati berlatar belakang dokter itu memang agak unik dan mendidik langsung bawahannya. Bupati datang bukan hanya sekedar melihat, meninjau dan bertanya sambil lalu kemudian pulang. 

Bupati dan Wakil Belu dr. Agus Taolin dan Drs. Aloysius Haleserens, MM.
Bupati dan Wakil Belu dr. Agus Taolin dan Drs. Aloysius Haleserens, MM. (POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS)

Tapi Bupati Agus Taolin melakukan sidak dengan cara yang lain dan khas dan menunjukkan sosok pemimpin  perubahan. 

Sebelum memberikan arahan dan catatan, Bupati Agus Taolin melakukan simulasi dengan petugas di rumah sakit tentang alur pelayanan di setiap unit atau fungsi. Mulai dari peran security sampai pada alur penanganan pasien maupun keluarga pasien, cara penanganan medis serta ketersedian sumber daya manusia, alkes dan fasilitas penunjang lainnya.

Baca juga: Bupati Belu Terpilih, Agus Taolin Ajak Masyarakat Bersatu Bangun Belu

Dari simulasi itu, Bupati Agus Taolin dapat menangkap dan merekam hal-hal yang masih kurang agar segera dibenahi oleh manajemen rumah sakit.

Menurut Bupati, visi misi perubahan bagi Kabupaten Belu harus benar-benar terwujud dan dirasakan masyarakat Belu dalam masa kepemimpinan mereka tiga tahun delapan bulan kedepan. Dan perubahan itu, salah satunya adalah  urusan pelayanan dasar masyarakat di bidang kesehatan. Apalagi, salah satu program unggulan mereka adalah kesehatan. 

Bupati mengatakan, sidak yang sama akan dilakukan di Dinas Kesehatan dan puskesmas-puskesmas. Sesuai rencana hari ini Bupati sidak Dinas Kesehatan. (Laporan Reporter POS KUPANG.COM,Teni Jenahas).

Sumber: Pos Kupang
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved