Breaking News:

Opini Pos Kupang

Covid-19 dan Kualitas Pendidikan

Merebaknya virus corona ( Covid-19) akhir-akhir ini, memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap Sistem Pendidikan

Covid-19 dan Kualitas Pendidikan
Dok POS-KUPANG.COM
Logo Pos Kupang

Oleh: Gonsy Tono, Tinggal di Nita, Maumere

POS-KUPANG.COM - Merebaknya virus corona ( Covid-19) akhir-akhir ini, memberikan pengaruh yang cukup signifikan dan tamparan yang serius terhadap Sistem Pendidikan di sebagian besar negara di dunia tak terkecuali Indonesia.

Pada awal pandemi ini muncul di Indonesia, sistem pendidikan yang tengah kita jalani mengalami kesulitan-kesulitan. Kegugupan dan kegagapan yang dialami oleh peserta didik maupun para pendidik untuk memulai sebuah transformasi model pembelajaran kian menyata dan menyita perhatian publik.

Sistem pembelajaran yang lazim terjadi di ruangan-ruangan kelas maupun kegiatan ekstrakurikuler mengalami disrupsi yang serius. Sistem pembelajaran klasik kini harus beradaptasi dengan proses pembelajaran yang menggunakan sistem daring.

Sopi dan Petani Iris Tuak

Tantangan pertama dalam melaksanakan sistem pembelajaran daring ialah kesulitan untuk menggunakan teknologi digital. Lebih dari itu, kesulitan tersebut akan diperparah jika tidak didukung oleh signal internet yang kuat, ketiadaan kuota dan sarana yang terbatas bagi siswa untuk dapat mengikuti seluruh proses pembelajaran.

Terlepas dari persoalan tersebut, upaya untuk membangun optimisme dalam meningkatkan kualitas pendidikan di 2021 ini dapat menjadi pekerjaan rumah semua pihak. Mengoptimalkan standar-standar nasional pendidikan niscaya diperlukan.

Pelajar SMA di Kupang Palak Pemilik Kios, Tak Sadar Aksinya Terekam CCTV

Poin penting yang perlu diperhatikan selanjutnya ialah bagaimana mengoptimalkan standar-standar nasional pendidikan di tengah kluster Covid-19 yang terus meningkat? Apakah kita telah siap menghadapi (transformasi) sistem pembelajaran saat ini yang berbasis teknologi digital? Apakah digitalisasi pendidikan turut menjamin terbentuknya esensi pendidikan?

Mengoptimalkan Standar Nasional Pendidikan

Situasi pandemi yang terjadi pada saat ini kiranya tidak menyulut semangat untuk memajukan kualitas pendidikan. Upaya-upaya yang telah dilakukan selama ini perlu diapresiasi sebab memanfaatkan kemungkinan-kemungkinan di tengah kesulitan demi mencapai tujuan proses pendidikan tidaklah mudah.

Proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif merupakan buah positif yang diharapkan saat ini. Selain itu, upaya untuk mengoptimalkan standar-standar nasional pendidikan merupakan suatu tugas yang sangat penting untuk dilaksanakan.

Halaman
1234
Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved