Breaking News:

Salam Pos Kupang

Pakai Masker yang Benar

SERANGAN Virus Corona atau Covid-19 di Indonesia semakin merajalela. Setiap hari terus mengalami peningkatan tajam

Pakai Masker yang Benar
Dok
Logo Pos Kupang

POS-KUPANG.COM - SERANGAN Virus Corona atau Covid-19 di Indonesia semakin merajalela. Setiap hari terus mengalami peningkatan tajam. Kini Indonesia berada di posisi 24 dunia.

Dikutip dari worldometers.info kasus Covid-19 di seluruh dunia per Senin (20/07) mencapai 14.664.059 kasus. Dari jumlah tersebut terdiri dari 609.279 orang meninggal dunia dan 8.748.094 pasien telah sembuh. Ada 5.306.686 kasus aktif atau pasien dalam perawatan yang tersebar di berbagai negara.

Indonesia sendiri di posisi 24 di atas Cina dan Mesir dengan 88.214 kasus. Jumlah kematian 4,239 dan pasien dinyatakan sembuh 46.977 orang. Kini terdapat 36.998 kasus Covid-19 aktif atau yang dalam perawatan di Indonesia.

NTT di Persimpangan Jalan Kenangan

Berdasarkan lingkup Asia, Indonesia berada di posisi ke-8 di atas China yang berada di posisi 9. Indonesia menjadi negara dengan kasus Covid-19 terbanyak di Asia Tenggara disusul Singapura.

Peningkatan ini pun juga terjadi di NTT. Data per Senin (20/7) kasus baru 3 orang, sembuh 106 orang, meninggal Dunia 1 orang, terkonfirmasi 134 orang.

Tekan Stunting, Dinas Peternakan dan PKK Lembata Suplai Telur Ayam di Kelurahan Selandoro

Serangan Covid-19 ini juga tak luput pada tim medis, termasuk yang terbaru dua bidan di Kupang yang terpapar Corona ini. Setelah sebelumnya seorang dokter, kini dua bidan Puskesmas Pasir Panjang Kota Kupang terkonfirmasi Covid-19.

Dua bidan terkonfirmasi Covid-19 ini menambah panjang deretan tim medis yang terpapar virus corona. Data Amnesty Internasional menunjukkan, jumlah tenaga kesehatan yang terpapar virus corona mencapai 878 kasus. Sedang yang meninggal sampai 13 Juli 2020, sebanyak 89 tenaga medis, mencakup 60 dokter, 23 perawat, dan 6 dokter gigi.

Adapun beberapa penyebab kematian tenaga medis di Indonesia akibat Covid-19, yaitu minimnya APD yang memungkinkan penularan virus corona lebih cepat, beban kerja dan kesehatan mental, hingga minimnya fasilitas rumah sakit dan tes Covid-19.

Bertolak dari ini, adalah seharusnya bagi kita untuk melindungi diri dan orang lain di sekitar kita dari penyebaran virus corona ini. Haruslah disiplin dalam langkah-langkah pencegahan.

Seperti mencuci tangan dengan benar secara rutin dengan menggunakan sabun dan air atau cairan pembersih tangan berbahan alkohol.

Selalu jaga jarak yang aman dengan orang lain (physical distancing), utamanya dari orang yang batuk atau bersin. Saat batuk atau bersin, tutup mulut dan hidung dengan lengan Anda atau tisu.

Membersihkan rumah dan melakukan disinfeksi secara rutin. Tetaplah di rumah jika Anda merasa tidak enak badan. Jika Anda demam, batuk, atau kesulitan bernapas segera cari bantuan medis. Hubungi terlebih dahulu. Ikuti arahan otoritas kesehatan lokal Anda. (*)

Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved