Video—Apa Sih Arti Pancasila? Ini Penjelasan Dandim 1602 Ende, Letkol Inf Fuad Suparli

Kodim 1602 Ende bersama tokoh dan pemuda lintas agama menggelar Sarasehan Hari Lahir Pancasila di Markas Kodim 1602, Rabu 3 Juni 2020.

POS-KUPANG.COM, ENDE—Kodim 1602 Ende bersama tokoh dan pemuda lintas agama menggelar sarasehan hari lahir Pancasila di Markas Kodim 1602, Rabu 3 Juni 2020.

Sarasehan tersebut merupakan rangkaian kegiatan memperingati hari lahir Pancasila yang sudah dimulai dengan pengibaran Bendera Merah Putih puncak Gunung Meja, Senin  1 Juni 2020.

Tema yang diusung, 'Pancasila Dalam Tindakan Gotong-royong Menuju Indonesia Maju' dengan sub tema 'Dengan semangat hari lahir pancasila kita satukan tekad untuk wujudkan new normal di Kabupaten Ende'.

Dandim 1602 Ende, Letkol Inf Fuad Suparli menegaskan, Kabupaten Ende harus menjadi yang terdepan untuk terus menyuarakan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila, karena di Endelah Ir. Soekarno atau Bung mendapatkan ilham Pancasila.

Untuk itu, kata Dandim, Kodim 1602 menggelar berinisiatif menggelar sarasehan tersebut dengan melibatkan tokoh dan para pemuda lintas agama.

Dia menegaskan, di tengah pandemi Covid-19 ini, semangat untuk mengamalkan nilai-nilai Pansila tidak boleh luntur, semangat gotong-royong menghadapi pandemi ini mesti ditingkatkan.

VIDEO—VIRAL! Tak Terima Pemakaman Protap Covid-19, Jenasah PDP Diambil Paksa Dari Rumah Sakit

Reino Barack Akhirnya Menonton Video Syur Mirip Syahrini, Mukanya Jauh tapi Rambutnya

Nikita Mirzani Unggah Video Nyaris Tanpa Busana, Turun Naik Perlihatkan Bagian Tubuh yang Montok

Sehubungan dengan penerapan new normal di tengah pandemi Covid-19 ini, Dandim Ende katakan, harus dimaknai dan mengerti secara tepat dan benar, sehingga implementasi di masyarakat pun sesui.

Oleh karena itu, dia berharap semua pihak, tokoh adat, agama, masyarakat dan pemuda bisa sosialisasikan kepada masyarakat apa maksudnya new normal, bahwa masyarakat harus tetap taat pada protokol kesehatan ketika semua aktivitas dibuka.

Ditanya mengenai pengibaran Bendera Merah Putih di puncak gunung Meja, Dandim Ende katakan, puncak peringatan ditandai dengan pengibaran Bendera Merah Putih menggunakan tiang bambu di Puncak Gunung Meja. Kegiatan ini pertama kali dilakukan di Ende di Hari Lahirnya Pancasila.

Gunung meja merupakan gunung yang puncaknya datar seperti meja. Gunung Meja merupakan objek alam yang unik dan strategis, karena dapat diamati dari sisi laut, udara, maupun darat dan ketika berada di puncak gunung ini kita bisa menikmati berbagai pemandangan.

Letkol Inf Fuad Suparli menceritakan, pengibaran Bendera Merah Putih di Gunung Meja menarik dan menantang. Selain perdana, kegiatan ini melibatkan masyarakat, tokoh adat, BUMN, unsur Pemda Ende dan pemuda.

Halaman
12
Penulis: Laus Markus Goti
Editor: John Taena
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved