BPTP NTT Panen Padi Tadah Hujan di Lahan Visitor Plot

Lahan Visitor Plot di lingkungan kantor Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Nusa Tenggara Timur,

BPTP NTT Panen Padi Tadah Hujan di Lahan Visitor Plot
POS KUPANG.COM/ISTIMEWA
Lahan Visitor Plot di lingkungan kantor Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Nusa Tenggara Timur, 

BPTP NTT Panen Padi Tadah Hujan di Lahan Visitor Plot

POS-KUPANG.COM -- Lahan Visitor Plot di lingkungan kantor Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Nusa Tenggara Timur, mulai hari Kamis (26/3/2020) dipanen.

"Situasi saat ini memang ironis. Banyak lahan sawah tadah hujan di hampir sebagian besar wilayah di NTT hampir tidak tertanam," kata Charles Bora, Peneliti BPTP NTT di Kupang, Jumat (27/3/2020).

Charles mengatakan, curah hujan yang terbatas menjadi faktor utama kesulitan para petani di NTT. Keberhasilan panen yang dilaksanakan di BPTP juga diakui tidak semata karena dukungan curah hujan, tetapi dibantu dengan air sumur dangkal yang dipompa termasuk ketangguhan beberapa varietas unggul baru yang mampu beradaptasi pada lingkungan kering.

Dalam visitor plot ini, kata Charles, telah ditampilkan sepuluh Varietas Unggul Baru (VUB), yaitu Var Inpari 6, Inpari 30, Inpari, Inpari 38, Inpari 39, Inpari 41, Inpari Nutri Zinc, Towuti, Membramo dan Situbagendit. Dari 10 verietas ini, Inpari 6 yang dipanen duluan karena ditanam pada 15 Desember. Yang lain ditanam pada awal dan tengah Januari.

"Menariknya, hasil ubinan Inpari 6, diperoleh hasil 7,1 toñ/ha dengan kadar air biji yang terkonversi 14 %. Varietas lain yang belum dipanen diperkirakan jatuh dua sampai tiga minggu lagi," kata Imanuel Maubuti, Teknisi Pelaksana Visitor Plot di BPTP NTT.

Untuk diketahui bahwa visitor plot adalah wahana inovasi yang diciptakan di lingkungan kantor BPTP yang berfungsi sebagai media komunikasi antara pengguna teknologi dengan peneliti.

SMK-PP Negeri Kupang Terapkan Social Distancing dan Pengecekan Suhu Tubuh Pegawai

Cegah Covid-19, Pemkab Sumba Timur Rencana Tutup Kapal Penumpang & Karantina Penumpang Pesawat

Kapolres Ende Minta Masyarakat Berperan Putus Mata Rantai Covid-19

Visitor Plot yang ada di BPTP saat ini adalah display mengenai varietas unggul padi, VUB jagung, beberapa varietas mangga, dan lain-lain. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Paul Burin)

Penulis: Paul Burin
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved