Opini Pos Kupang

Teknologi Pembelajaran Online Mengurai Misteri "lockdown" Covid-19

Baca Opini Pos Kupang: Teknologi Pembelajaran Online Mengurai Misteri "lockdown" Covid-19

Teknologi Pembelajaran Online Mengurai Misteri
Dok
Logo Pos Kupang

Baca Opini Pos Kupang: Teknologi Pembelajaran Online Mengurai Misteri "lockdown" Covid-19

Oleh : Hendrik Saku Bouk, SVD, Dosen pada Program Studi Ilmu Komunikasi-Fisip Unwira Kupang

POS-KUPANG.COM - Pada bulan Februari 2020, dunia dihebohkan dengan informasi mengenai pandemi virus corona, lazim disebut Covid-19, yang yang bermula dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei-China.

Wabah ini pertama kali muncul dideteksi pada 31 Desember di Wuhan. Para ahli kemudian mengatakan virus yang berasal dari hewan ini bisa menular antar-manusia.

Cegah Covid-19, RSU Imanuel Waingapu Sediahkan Wastafel

Dalam tempo singkat pandemi mematikan itu menyebar secara global hampir di semua negara. Hingga 15 Maret 2020, yang terinfeksi sebanyak 157.476 orang di 155 negara. Yang meninggal mencapai 5846.

Yang sembuh hampir setengahnya, 75.953 orang. Data 19 Maret 2020 di Indonesia terdapat 308 orang yang terinfeksi dan 25 orang meninggal dan 15 orang dinyatakan sembuh. Walaupun demikian, cepatnya penyebaran virus ini tetap menjadi ketakutan semua warga dunia.

Teknologi Pembelajaran Online

Sehubungan dengan bidang pendidikan, tentu saja guru dan siswa, dosen dan mahasiswa sedikit kesulitan melakukan proses belajar-mengajar dan perkuliahan tatap muka berbasis ruang kelas tradisional.

Ibadat Jalan Salib di Paroki Santo Yoseph Naikoten Umat Terlihat Menjaga Jarak

Oleh karena itu untuk mengatasi persoalan ini, dapat diterapkan metode pembelajaran online berbasis "blended learning" sehingga tutor dan pembelajar di seluruh Indonesia khususnya di wilayah-wilayah rawan virus corona tidak dirugikan selama masa liburan akibat darurat pandemi virus corona ini.

Terkait teknologi pembelajaran, dalam metode pembelajaran online, kita mengenal e-learning yaitu belajar secara online. Proses belajar online ini dapat berjalan, maka perlu adanya pemilihan media online tertentu atau dengan menggunakan perangkat keras komputer berjaringan internet untuk menyalurkan pesan dari sumber kepada penerima pesan. Istilah-istilah sinonim yang digunakan dalam menyebut pembelajaran online (e-learning).

Halaman
123
Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved