VIDEO - Pertama di NTT, Lembata Punya Kapal Pinisi, Untuk Interkoneksi Wisata Antar Pulau

VIDEO - Pertama di NTT, Lembata Punya Kapal Pinisi, Untuk Interkoneksi Wisata Antar Pulau. Kapal ini dibeli seharga Rp 2,4 miliar lebih di Sulsel.

VIDEO - Pertama di NTT, Lembata Punya Kapal Pinisi, Untuk Interkoneksi Wisata Antar Pulau

POS-KUPANG.COM, LEWOLEBA - VIDEO - Pertama di NTT, Lembata Punya Kapal Pinisi, Untuk Interkoneksi Wisata Antar Pulau

Pemerintah Kabupaten Lembata kini memiliki sebuah kapal pinishi. Kapal yang diberi nama Aku Lembata itu sudah berevolusi dari kapal jenis lambo, yang memiliki 7 layar.

Kapal tersebut dikerjakan oleh CV Fajar Indah Pratama, dengan nilai kontrak sebesar Rp 2,4 miliar lebih atau tepatnya Rp 2. 495.900.000.

VIDEO – Sirait Berharap Lembata Jadi Kabupaten Ramah Anak di NTT

VIDEO – Aksi Sosial Ini Mewarnai Hari Perempuan Internasional ke -110 Tahun 2020 di NTT

VIDEO – Hanya Dalam Waktu Sekejap, Rumah Muhammad Taufiq Nggae di Ende, Ludes Terbakar

Pengadaan kapal tersebut menggunakan dana DAK TA 2019 oleh Dinas PUPR Kabupaten Lembata.

Kapal yang dibeli oleh Pemerintah Kabupaten Lembata itu akan dioperasikan untuk menjalin interkoneksi pariwisata yang menghubungkan Labuan Bajo, Sumba, Timor dan Alor.

“Ini untuk mempercepat inovasi. Tahun depan kami usulkan ke menteri untuk manambah lagi dua unit kapal pinisi. Ini jadi contoh,” ujar Bupati Eliaser Yentji Sunur, Sabtu (7/3/2020).

Dia menyebutkan, usul kepada menteri itu hanya untuk menyebutkan bahwa Lembata merupakan satu-satunya kabupaten di NTT yang sudah punya kapal pinisi untuk inovasi interkoneksi, seperti yang disebut Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, dalam masyarakat ekonomi NTT.

Bupati mengatakan itu saat meninjau kapal pinisi yang tiba di Pelabuhan Lewoleba, Sabtu (7/3/2020). Kapal tersebut kini sudah dalam proses finishing akhir.

Anggota DPRD Lembata Paulus Makarius Dolu dan sejumlah pejabat teras lingkup Pemkab Lembata juga hadir memantau kapal pinisi yang diberi nama Aku Lembata.

Halaman
12
Penulis: Ricardus Wawo
Editor: Frans Krowin
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved