Opini Pos Kupang

Damyan Godho, Firmus Wangge dan Uskup Petrus Turang

Baca Opini Pos Kupang berjudul: Damyan Godho, Firmus Wangge dan Uskup Petrus Turang

Damyan Godho, Firmus Wangge dan Uskup Petrus Turang
Dok
Logo Pos Kupang

Baca Opini Pos Kupang berjudul: Damyan Godho, Firmus Wangge dan Uskup Petrus Turang

Oleh Dion DB Putra, Wartawan

POS-KUPANG.COM - TANGGAL 27 Juli itu istimewa. Setidaknya bagi ketiga tokoh ini, Firmus Wora Wangge, Damyan Godho dan Uskup Agung Kupang, Mgr. Petrus Turang, Pr.

Nama pertama dan kedua telah berpulang ke haribaanNya. Berselang setahun saja. Damyan Godho meninggal dunia 29 Januari 2019. Dua belas purnama kemudian Firmus Wangge menyusul, 6 Februari 2020.

Buat Om berdua yang terkasih, semoga bahagia di sisiNya. Amin. Saya mengenang 27 Juli karena gara-gara tanggal itulah saya berintekrasi cukup intens dengan mereka. Itu dua dekade lalu, 23 tahun silam, tepatnya 27 Juli 1997.

DPRD dan Pemkab Kupang Cuma Datang Foto dan Habis Dijanji

Setahun menjelang Soeharto lengser keprabon. Saya masih wartawan muda. Belum genap lima tahun berkiprah bersama Harian Pos Kupang yang mulai terbit 1 Desember 1992. Semua bermula dari kota suci Vatikan tanggal 21 April 1997.

Kegembiraan disertai rasa penasaran menyeruak di Kupang serta kota dan desa seantero wilayah Keuskupan Agung Kupang ketika pemimpin Umat Katolik Sedunia Paus Johanes Paulus II mengumumkan Petrus Turang sebagai uskup koajutor.

Umat Keuskupan Agung Kupang (KAK) gembira mendapat seorang gembala. Serentak pula merebak rasa penasaran mengenai sosok sang gembala yang kala itu berusia 50 tahun karena namanya belum begitu familiar.

Marthen Toni Siap Maju Colon Bupati Sumbar

Sebagai uskup koajutor, Mgr. Petrus Turang berhak menggantikan Uskup Agung Kupang Mgr. Gregorius Manteiro, SVD yang waktu itu telah memasuki usia pensiun. Kondisi kesehatan beliau pun tidak begitu bugar lagi.

Saat Uskup Manteiro wafat 10 Oktober 1997, Mgr. Petrus Turang meneruskan secara otomatis kepemimpinan keuskupan ini sampai sekarang.

Halaman
1234
Penulis: Putra
Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved