VIDEO: Kodim 1602 Ende Panen 12 Ton Jagung di Desa Nangamese, Ende, Flores. Tonton Videonya

VIDEO: Kodim 1602 Ende Panen 12 Ton Jagung di Desa Nangamese, Ende, Flores. Panen jagung itu merupakan yang perdana dilakukan Kodon Ende tahun 2019.

VIDEO: Kodim 1602 Ende Panen 12 Ton Jagung di Desa Nangamese, Ende, Flores. Tonton Videonya

POS-KUPANG.COM,ENDE – VIDEO: Kodim 1602 Ende Panen 12 Ton Jagung di Desa Nangamese, Ende, Flores. Tonton Videonya 

Kodim 1602 Ende berhasil mendapatkan 12 ton jagung dalam pelaksanaan panen perdana jagung di Desa Nanganesa, Kecamatan Ndona, Kabupaten Ende, Senin (18/11/2019).

Tanaman jagung tersebut adalah milik Kodim 1602 Ende yang ditanam di lahan warga setempat dan merupakan hasil kerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Ende dan Kodam Udayana.

VIDEO: Rahmat dan Juenna Ling Harumkan Nama Lembata di Tingkat Provinsi NTT. Tonton Videonya

VIDEO: Gubernur Viktor Laiskodat Inginkan NTT Berjaya dengan Sapi-Sapi Mahal. Tonton Videonya

Video: Penumpang Deg-Degan, Batik Air Landing Darurat di Landasan El Tari, Pilot Serangan Jantung

Hadir dalam panen perdana tersebut, Dandim 1602 Ende, Letkol Inf Fuad Suparlin dan Wakapolres Ende, Kompol Dance Elias Day.

Turut serta dalam panen jagung tersebut, jajaran Forkompimda, ASN Lingkup Dinas Pertanian Kabupaten Ende dan warga Desa Nanganesa.

Dandim 1602 Ende, Letkol Inf Fuad Suparlin, mengatakan pihaknya mengapreasiasi kepada semua pihak, baik anggota TNI, Dinas Pertanian maupun masyarakat  atas partisipasinya hingga tanaman jagung bisa dipanen pada puncak musim kemarau saat ini.

“Tanpa peran serta atau keterlibatan semua pihak, tak mungkin ada panen jagung sebanyak 12 ton ini,” ujarnya.

Sesuai rencana, lanjut dia, jagung hasil panen kali ini akan dijual melalui koperasi. Ada juga juga dibagi dengan pemilik lahan yang saat ini lahanya ditanami jagung oleh Kodim 1602 Ende.

Dandim Fuad mengatakan pihaknya bersyukur, karena dalam walau musim panas yang memuncak saat ini, Kodim 1602 Ende justeru bisa menanam dan menaman jagung dengan hasil yang menggembirakan.

“Berdasarkan hasil perhitungan dari Dinas Pertanian Ende jagung yang berhasil dipanen dengan luas kurang dari 1 hektar kita bisa mendapatkan jagung sebanyak 12 ton,” kata Dandim Fuad.

VIDEO: Penantian Panjang Itu Akhirnya Terjawab. Sumba Timur Gelar Pesparani Perdana. Tonton Videonya

VIDEO: Kepala BKN Regional X Denpasar Minta Bupati Sumba Timur Tambah Komputer Lagi. Ini Videonya

VIDEO: Gubernur NTT Katakan, Narasi Jadi Kekuatan Utama Membangun NTT. Simak Videonya

Dandim mengatakan, dalam pelaksanaan panen jagung tersebut bukan hasil yang ingin dikejar namun untuk membangkitkan semangat para petani untuk memanfaatkan lahan-lahan yang sampai saat ini belum digarap secara maksimal.

Ia juga sedikit membocorkan rahasiah terkait penanaman benih jagung di lahan milik masyarakat itu. Bahwa Kodim Ende lebih memilih jagung untuk dibudidayakan pada lahan milik masyarakat.

Pasalnya, jenis tanaman yang tahan terhadap panas dan juga tidak terlalu banyak membutuhkan air, adalah jagung. Jagung lebih mudah dibudidayakan  dibandingkan tanaman lain seperti padi. (POS-KUPANG, Romualdus Pius)

Tonton Videonya Di Sini:

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Frans Krowin
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved