VIDEO: Gubernur NTT Katakan, Narasi Jadi Kekuatan Utama Membangun NTT. Simak Videonya

VIDEO: Gubernur NTT Katakan, Narasi Jadi Kekuatan Utama Membangun NTT. Gubernur mengatakan itu saat membuka Festival Menipo di Lippo Plaza Kupang.

VIDEO: Gubernur NTT Katakan, Narasi Jadi Kekuatan Utama  Membangun NTT. Simak Videonya

POS-KUPANG.COM, KUPANG – VIDEO: Gubernur NTT Katakan, Narasi Jadi Kekuatan Utama Membangun NTT. Simak Videonya

Gubernur NTT, Victor Bungtilu Laiskodat membuka Festival Menipo dengan memukul gong di halaman parkir Lippo Plaza, Kamis (14/11/2019).

Gubernur Victor mengaku pernah mengunjungi Menipo ketika masih di bangku sekolah menengah atas. “Dulu Menipo sangat bagus tapi sekarang perlahan sudah rusak,” ujarnya.

Ia sangat berterima kasih kepada Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam NTT, karena telah membuat festival ini, sehingga membangun kepedulian, pemahaman dan pengetahuan terhadap seluruh masyarakat dan pemerintah agar membangun dan menjaga kawasan ini.

VIDEO: Jelang Kelahiran Cucunya, Presiden Jokowi Temui Kahiyang Ayu di RS Menteng. Ini Videonya

VIDEO: Luar Biasa. Ubinan Bawang Merah Mengeruda Ngada, Tembus 12,8 Ton/Hektare. Ini Videonya

VIDEO: Warga Panik Gempa Manado, Ini Doa Khusus agar Selamat dari Bencana Gempa

"Secara manusiawi, kita tidak mungkin hanya diminta untuk menjaga hutan, jaga alam agar tetap lestari. Dalam penelitian apa pun, alam dan budaya akan rusak selama tidak mempunyai kekuatan ekonomi. Itu hasil penelitian. Jadi kita tidak bisa lawan," tandasnya.

Apabila masyarakat  Desa Enoraen tidak meningkatkan ekonominya dengan baik, maka maka masyarakat  akan cenderung menjual burung, kayu, penyu dan lainnya, hal mana merusak lingkungan.

Akan tetapi, apabila masyarakat dipacu ekonominya melalui bidang pariwisata, maka otomatis, alam akan dijaga dan dilestarikan.

Berbicara tentang pariwisata, lanjut Victor, maka alam dan budaya harus dijaga dan dilestarikan. 

"Ketika wisatawan datang melihat ribuan burung terbang berjam-jam, maka mereka mengatakan Oh My God. Itu tandanya orang excited. Pariwisata menjual excited karena orang datang dan melihat. Maka itu jangan jual dengan murah, karena murah itu tidak laku," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Frans Krowin
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved