VIDEO: Tetua Adat Ende Menari di Dekat Danau Kelimutu Ende, Flores

VIDEO: Tetua Adat Ende Menari di Dekat Danau Kelimutu Ende, Flores. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ende, Flores, NTT.

VIDEO: Tetua Adat Ende Menari di Dekat Danau Kelimutu Ende, Flores

POS-KUPANG.COM, ENDE – VIDEO: Tetua Adat Ende Menari di Dekat Danau Kelimutu Ende, Flores

Tetua adat di Kabupaten Ende, Flores, Provinsi NTT, menggelar ritual adat Pati Ka Du’a Bapu Ata Mata (Pemberian Makan Kepada Leluhur-red) di Danau Kelimutu, Ende, Kamis (14/8/2019).

Sebagai bagian dari ritual adat tersebut, tetua adat itu juga menggelar tarian tradisional, tak jauh dari danau tiga warna yang merupakan salah satu kebanggaan pariwisata NTT dan telah mendunia tersebut.

VIDEO: Di Depan Ahok, Direktur PPMT SoE Paparkan Karya PPMT. Lihat Videonya

VIDEO: Umbu Lili Calon Tunggal Bupati Sumba Timur dari Partai Golkar. Ini Videonya

VIDEO: Festival 3 Gunung, Pentas Akbar Pariwisata Lembata. Lihat Videonya

Tarian adat seperti terlihat dalam video ini, hanya diikuti oleh para tetua adat. Mereka menari sambil bernyanyi dengan suara khas para pria paruh baya tersebut.

Ritual adat itu diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ende, bekerja sama dengan Pengelola Taman Nasional Kelimutu dan para mosalaki (tokoh adat-red) dalam kawasan Taman Nasional Kelimutu.

Hadir dalam serimoni adat tersebut, Gubernur NTT, Victor Laiskodat dan Wakil Bupati Ende, Drs. Djafar Achmad dan Wakil Ketua DPRD Ende, Erikos E Reda serta pengelola TNK dan para mosalaki. Tampak hadir juga Wakil Walikota Kupang, dr. Herman Man.

Gubernur NTT, Victor Laiskodat dalam kesempatan itu memberikan apresiasi kepada Pemda Ende dalam masa kepemimpinan Bupati Ende, Ir Marsel Petu dan Wakil Bupati Ende, Drs Djafar Achmad yang menggelar seremoni adat di kawasan Danau Kelimutu.

Seremoni adat tersebut menurutnya suatu hal yang positif demi pengembangan kehidupan masyarakat adat dan suatu bentuk pengakuan negara akan eksistensi adat budaya setempat.

Gubernur Victor mengatakan bahwa tipe pemimpin demikian yang dibutuhkan oleh masyarakat.     

Halaman
12
Penulis: Romualdus Pius
Editor: Frans Krowin
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved