Berita Timor Tengah Utara

Pastor Paroki St Antonius Padua Sasi Timor Tengah Utara Ajak OMK dan Umat Manfaatkan Lahan Tidur

pihaknya turut terlibat memberi dukungan kepada umat dengan melibatkan beberapa orang anak muda atau OMK

Penulis: Dionisius Rebon | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/DIONISIUSĀ REBON
PASTOR - Pastor Paroki St. Antonius Padua Sasi-Kefamenanu, Pater Jose Alexander Nitzae 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Dionisius Rebon

POS-KUPANG.COM, KEFAMENANU - Pastor Paroki St. Antonius Padua Sasi-Kefamenanu, Pater Jose Alexander Nitzae, OFMConv mengajak seluruh umat dan Orang Muda Katolik atau OMK paroki setempat untuk memanfaatkan lahan tidur.

Baginya pemanfaatan lahan tidur ini penting untuk meningkatkan atau memberdayakan ekonomi umat di Patroli St. Antonius Padua Sasi-Kefamenanu.

Dalam merealisasikan hal tersebut, kata Pater Jose, pihaknya juga turut terlibat langsung mempersiapkan lahan bersama umat Paroki St Antonius Padua Sasi-Kefamenanu dan beberapa orang anak muda.

Baca juga: GMKI Dukung Kejari Timor Tengah Utara Tangani Laporan Palsu dan Dugaan Pemerasan oleh ARAKSI 

"Dalam kaitan dengan pemberdayaan ekonomi umat kita, bersama umat dan kaum muda mengolah lahan tidur di wilayah Paroki St. Antonius Padua," ucapnya saat diwawancarai POS-KUPANG.COM, beberapa waktu lalu.

Menurut Pater Jose, langkah yang telah dilakukan yakni mempersiapkan lahan seluas 1 hektare lebih untuk ditanami sayur-sayuran dan lain-lain.

Ia menuturkan bahwa, pihaknya turut terlibat memberi dukungan kepada umat dengan melibatkan beberapa orang anak muda atau OMK.

Hal ini sangat penting agar pemberdayaan ekonomi umat tidak sekedar hanya sebagai wacana tetapi benar-benar terealisasi dengan baik.

Ia menargetkan bahwa, paling lama  sekitar 6 Mei 2023 akan dilakukan penanaman bibit perdana.

Dikatakan Pater Jose, pihaknya juga memanfaatkan lahan tidur di sekitar Kapela wilayah Paroki St. Antonius Padua dengan menanam kacang hijau dan lain-lain.

Baca juga: Diduga Peras Kontraktor Belasan Juta, Ketua ARAKSI Timor Tengah Utara Sebut Membawahi Lima Media

Hal ini, lanjutnya, tidak terlepas dari anjuran Bapak Uskup Atambua, yang mana di sisi lain sejalan dengan himbauan dari Pemerintah Provinsi NTT maupun Kabupaten Timor Tengah Utara.

"Tentang bagaimana kita bisa memanfaatkan lahan di musim hujan ini," tukasnya.

Selain itu, di lingkungan sekolah SMA Katolik Fides Quaerens Intellectum juga, pihaknya memanfaatkan lahan tidur sesuai dengan himbauan Dinas P dan K Provinsi NTT untuk menanam jagung dan lain sebagainya.

Para siswa-siswi, hanya dilibatkan dalam kegiatan menanam dan memanen dengan memanfaatkan waktu luang pada sore hari. Sedangkan pembersihan kebun, akan dilakukan oleh orang lain.

Hal ini sebagai salah satu bentuk edukasi kepada para siswa-siswi bagaimana menjadi manusia pekerja. 

Pater Jose berpesan kepada umat Paroki St Antonius Padua Sasi-Kefamenanu agar memanfaatkan lahan tidur semaksimal mungkin untuk bisa meningkatkan ekonomi keluarga masing-masing. (*)

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM Lainnya di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved