Liputan Khusus

Waspada Narkoba di Labuan Bajo, Destinasi Wisata Premium, Wisatawan Wajib Bebas Narkoba 

Waspada Narkoba di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat sebagai Destinasi Premium di Indonesia. Apa Alasannya? 

POS KUPANG/NOVEMY LEO
KOMITMEN - Kepala BNN Provinsi NTT, Dr R Nurhadi Yuwono, SIK, MSi dan Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Setyo Budiyanto, SH, MH bersama peserta Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi dengan Stakeholder dalam upaya P4GN, mewujudkan kota kabupatan tanggap ancaman narkoba (Kotan) menuju Indonesia Bersinar, Rabu (12/10). 

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Kepala Dinas Pariwisata NTT, Zeth Sony Libing mengatakan, untuk menjadikan Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) sebagai destinasi wisata Premium, berbagai infrastruktur telah dibangun oleh Pemerintah pusat dan daerah di wilayah tersebut.

Namun yang luput dari perhatian pemerintah yakni bagaimana upaya penanggulangan peredaran dan penggunaan narkoba di wilayah itu.

Karena itu kedepannya, semua pihak sesuai perannya masing-masing, mestinya berupaya untuk memberantas dan menanggulangi narkoba disana.

"Presiden Jokowi sudah berulangkali ke Labuan Bajo untuk menyaksikan perkembangan infratstruktur dimaksud. Namun penanggulangan bahaya Narkoba di Manggarai Barat sedikit terlupakan," kata Zeth Sony Libing dalam Rakor dan sinkronisasi bersama stakeholder dalam upaya P4GN di Labuan Bajo sebagai kawasan wisata premium, Rabu (12/10).

Rakor yang mengangkat tema mewujudkan kota kabupaten tanggap ancaman narkoba (kotan) menuju Indonesia bersinar ini dihadiri aparat penegak hukum, TNI Polri, instansi terkait dan media ini digagas Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi NTT.

Kepala Dinas Pariwisata NTT, Zeth Sony Libing dalam Rakor dan sinkronisasi bersama stakeholder dalam upaya P4GN di Labuan Bajo sebagai kawasan wisata premium, Rabu (12/10) di Swissbell Kupang.
Kepala Dinas Pariwisata NTT, Zeth Sony Libing dalam Rakor dan sinkronisasi bersama stakeholder dalam upaya P4GN di Labuan Bajo sebagai kawasan wisata premium, Rabu (12/10) di Swissbell Kupang. (POS KUPANG/NOVEMY LEO)

Zeth Sony Libing menjelaskan, hingga hari ini pemeritah daerah dan Negara asyik memikirkan bagaimana peningkatan kedatangan wisatawan ke Labuan Bajo dan bagaimana wisatawan bisa aman dan nyaman selama berkunjung di Labuan Bajo yang merupakan destinasi super premium.

"Padahal pelayanan super premium itu harusnya bukan hanya super premium dari segi keamanan, kenyamanan, kebersihan, pelayanan publik, tapi juga harusnya super premium bagaimana membuat daerah itu bebas dari narkoba," kata Zeth Sony Libing.

Lebih lanjut dijelaskan Zeth Sony Libing, Labuan Bajo menjadi destinasi wisata premium karena disana ada hewan purbakala. Ahli mencatat sudah 40 juta tahun usia komodo dan di dunia ini hanya ada di Labuan Bajo yakni di Pulau Komodo dan Rinca.

"Tidak saja Komodo tapi Tuhan menganugerahkan pulau indah dan dasar laut Parimana. Terumbu karang yang luar biasa dan tempat diving luar biasa. Karena keindahan itu menjadi daya tarik wisata di Labuan Bajo menjadi yang luar biasa," kata Zeth Sony Libing.

Karena itu Labuan bajo banyak dikunjung wisatawan, hingga Agustus 2022 sudah 87.000 wisatawan yang kesana.
Dari aspek narkoba, demikian Zeth Sony Libing, tak ada yang bisa memastikan apakah wisatawan yang datang itu bebas narkoba atau tidak.

"Sebanyak 60 persen wisatawan tidur di pulau dengan kapal pinisi. Begitu turun dari pesawat, quide langsung bawa mereka ke kapal, 3 malam 4 hari atau 2 malam 3 hari, tidur di pulau. Setelah itu mereka pulang, diantar langsung ke bandara naik pesawat," kata Zeth Sony Libing.

Kondisi seperti ini, demikian Zeth Sony Libing, akan menjadi evaluasi. Karena artinya, para wisatawan itu tidak berinteraksi dengan masyarakat, tidak makan di restoran, tidak tidur di hotel karena mereka tidur di kapal.

"Kami sedang pikirkan, bagaimana wisatawan jangan sampai langsung dibawa ke kapal dan ke kawasan, tapi bisa berada beberapa jam di kota," kata Zeth Sony Libing.

Karena itu kedepannya, mesti dipikirkan cara bagaimana bisa memastikan wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo itu bebas narkoba.

Halaman
1234
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved