Berita Lembata Hari Ini

Erupsi Ile Lewotolok di Lembata Mencapai 2.623 Meter

sudah beberapa malam terjadi dentuman yang kuat akibat erupsi, bahkan bunyi dentuman membuat banyak masyarakat panik

Penulis: Ricardus Wawo | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/HO/PPGA ILE LEWOTOLOK
ERUPSI - Gunung Ile Lewotolok di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali erupsi pada Jumat 2 Juli 2022 pukul 04.48 Wita. Kondisi terakhir Erupsi Gunung Ile Lewotolok Lembata 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ricko Wawo 

POS-KUPANG.COM, LEWOLEBA - Gunung Ile Lewotolok di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali erupsi pada Jumat 2 Juli 2022 pukul 04.48 Wita.

Teramati semburan lava pijar dan abu vulkanik setinggi 2.623 meter di atas permukaan laut atau 1.200 meter di atas puncak kawah.

"Gemuruh kuat sekali terdengar sampai ke Lewoleba," kata Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Ile Lewotolok Stanis Ara Kian, Jumat, 2 Juni 2022.

Baca juga: Warga di Sekitar Ile Lewotolok Lembata Waspada Ancaman Lahar Dingin Dari Puncak Gunung

Letusan disertai gemuruh kuat ini diikuti dengan lontaran lava pijar ke segala arah sejauh 700-800 meter dari puncak gunung.

Ara Kian mengaku sudah beberapa malam terjadi dentuman yang kuat akibat erupsi, bahkan bunyi dentuman membuat banyak masyarakat panik walaupun akhirnya mereka memilih tetap tenang.

"Banyak yang hubungi saya minta koordinasi," ujarnya.

Pihaknya mengimbau agar masyarakat tidak perlu panik atau takut.

Warga desa di lereng gunung Ile Lewotolok diminta selalu menggunakan masker, alat penutup mata atau kepala untuk menghindari hujan pasir atau hujan abu ketika terjadi letusan.

Pihak PPGA Ile Lewotolok sendiri menyebutkan bahwa belum ada rekomendasi untuk mengevakuasi warga secara massal sebab jarak lontaran lava pijar saat erupsi serta guguran atau longsor material masih berada dalam radius.

Baca juga: Lava Panas Dari Kawah Gunung Ile Lewotolok Lembata Meluap

"Masih dalam radius tiga kilometer, artinya masih aman, warga hanya waspada dan ikuti petunjuk PPGA dan PVMBG, itu saja," tandas Ara Kian.(*)

Berita Lembata lainnya

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved