Prakiraan Cuaca

Hujan Lebat Berpotensi Landa NTT Selama Tiga Hari, BMKG: Waspada Bencana!

BMKG memprakirakan hujan lebat disertai petir dan angin kencang melanda sejumlah provinsi di Indonesia pada Kamis (9/6/2022).

Editor: Alfons Nedabang
POS-KUPANG.COM/ADRIANUS DINI
Agung Sudiono Abadi 

Hujan Lebat Berpotensi Landa NTT Selama Tiga Hari, BMKG: Waspada Bencana!

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan lebat disertai petir dan angin kencang melanda sejumlah provinsi di Indonesia pada Kamis (9/6/2022).

Berdasarkan data yang dihimpun ANTARA dari laman resmi BMKG di Jakarta, prakiraan cuaca tersebut berlaku untuk Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur.

Selain itu, potensi Kalimantahujan ini juha terjadi di Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Maluku, dan Papua, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Lampung, Banten, dan Jawa Barat.

BMKG juga memperingatkan gelombang tinggi 2,5-4 meter terjadi  berpotensi terjadi di sejumlah wilayah perairan laut seperti Selat Sumba bagian Barat, Samudra Hindia Selatan Jawa - Nusa Tenggara Timur, Perairan Pulau Sawu - Rote, Laut Timor, Perairan Selatan Sermata hingga Tanimbar, dan Laut Arafuru.

Peringatan dini gelombang tinggi tersebut berlaku hingga 10 Juni pukul 07.00 WIB.

Baca juga: 11 Daerah di NTT Berpotensi Terjadi Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Hari Ini

Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang BMKG Agung Sudiono Abadi mengimbau warga agar mewaspadai potensi hujan disertai petir berpeluang terjadi di NTT dalam tiga hari ke depan.

"Beberapa wilayah NTT berpotensi mengalami hujan ringan hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat selama tiga hari ke depan," kata Agung dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Kupang, Rabu (8/6/2022).

Ia mengatakan hal itu berkaitan dengan peringatan dini cuaca di wilayah NTT yang berlaku selama tiga hari (8-10 Juni).

Agung menjelaskan saat ini suhu muka laut di NTT cukup hangat didukung dengan kelembapan pada lapisan atas yang cukup basah sehingga mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan.

Kondisi tersebut berpotensi menimbulkan hujan ringan hingga lebat disertai petir pada sejumlah wilayah di antaranya Kabupaten Alor, Manggarai Barat, Manggarai, Manggarai Timur.

Baca juga: Peringatan Dini BMKG, Waspada! Kupang dan Sabu Raijua Akan Hadapi Hujan, Petir dan Angin Kencang

Selain itu Ngada, Nagekeo, Ende, Sikka, Flores Timur, Malaka, Timor Tengah Utara, Timor Tengah Selatan, Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat dan Sumba Barat Daya.

Selain itu potensi angin kencang juga berpeluang melanda wilayah Pulau Timor, Pulau Rote dan Pulau Sabu.

Agung mengimbau masyarakat di wilayah terdampak agar mewaspadai potensi bencana seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, maupun sambaran petir.

Sementara itu potensi angin kencang berdurasi singkat juga perlu diwaspadai karena dapat menimbulkan tumbangnya pohon, baliho maupun tiang yang dapat mengancam keselamatan warga di sekitar.

Agung juga mengajak warga agar terus mengikuti perkembangan informasi cuaca untuk mengetahui ancaman bencana di sekitar dengan mengakses layanan informasi yang tersedia selama 24 jam melalui kanal komunikasi yang telah disiapkan. (ant)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved