Berita Pemprov NTT

Hadapi Pemilu 2024, Parpol di NTT Nyatakan Siap

siap menghadapi tahapan pemilu nantinya. Secara internal sangat siap mutlak dari tahapan verifikasi partai politik, persiapan caleg

Editor: Rosalina Woso
Hadapi Pemilu 2024, Parpol di NTT Nyatakan Siap
POS-KUPANG.COM/HO-DOK.TRIBUN
Ilustrasi Pemilihan Umum (Pemilu). Tampak surat suara sedang dimasukan ke dalam kotak surat.

Laporan Kontributor POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Pemerintah Pusat dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI  serta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI telah menyepakati Pemilu resmi digelar pada tahun 2024 mendatang.

Dengan penetapan ini, Partai Politik (Parpol) di tingkat pusat hingga daerah terus menyiapkan langkah untuk menghadapi pemilu nanti.

Seperti halnya yang dilakukan DPD Partai PDIP NTT. Partai berlambang kepala banteng itu, terus mempersiapkan diri menghadapi pemilu. Salah satunya dengan mempersiapkan kader-kader berpotensial.

Baca juga: Lama Tak Ada Kabar, Pemprov NTT ke Pubabu TTS Usik Warga Setempat

Kader-kader potensial ini, dipersiapkan secara baik untuk menghadapi pemilihan legislatif (Pileg) maupun pemilihan kepala daerah (Pilkada) tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota.

Sekertaris DPD PDIP NTT, Yunus Takandewa, menjelaskan sebagai kader dan pengurus di daerah, pihaknya tidak menunggu begitu saja namun terus melakukan kegiatan-kegiatan yang menjadi program rutin partai.

Secara internal, menurut Yunus, partai juga memiliki agenda penting yang tengah dilakukan. Disebutkannya partai PDIP NTT telah melakukan rapat koordinasi (rakor) bersama seluruh Ketua DPC dan merekomendasikan untuk persiapan menghadapi tahapan pemilu.

Baca juga: Pemprov NTT Berencana Bangun Pabrik Semen di Kupang

"Kami siap menghadapi tahapan pemilu nantinya. Secara internal sangat siap mutlak dari tahapan verifikasi partai politik, persiapan caleg. Sedangkan pilkada, PDIP akan menyesuaikan dengan KPU Provinsi maupun Kabupaten/Kota," katanya ketika dihubungi wartawan, 13 Januari 2022 lalu.

Untuk Pilkada, PDIP memiliki mekanisme dukungan terhadapi pasangan pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur maupun Walikota/Bupati.

"PDIP akan berproses dan menyodorkan  kader-kader potensial untuk mengikuti kontestasi politik," sebut dia.

Sementara itu, Sekretaris DPD Partai Golkar NTT, Inche Sayuna mengatakan Partai Golkar, menjadi parpol pertama yang melakukan penjaringan bakal calon Kepala Daerah baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota, bahkan Golkar telah mempublikasikan sejak tahun 2021.

Baca juga: Pemprov NTT Sidak Pasar, Jelang Natal dan Tahun Baru 2021

"Sekarang ini sedang berproses di internal partai, semua bakal calon sedang bekerja sesuai agenda partai dan agenda masing masing kandidat dan sesuai dengan PO organisasi kami bahwa penentuan terakhir calon kepala daerahnya adalah melalui survey," jelasnya.

Inche juga menyampaikan DPD Golkar NTT juga sedang melakukan konsolidasi internal organisasi terkait dengan keanggotaan dan struktur partai hingga tingkat desa.

Semua ini, menurut dia dimaksudkan untuk bisa memenangkan Pilkada dengan target yang sudah ditetapkan secara bersama di partai.

Baca juga: Sasando Diklaim Negara Srilanka, Pemprov NTT Beri Peringatan ke WIPO

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved