Breaking News:

Berita Sikka

Bagaimana Pelaksanaan Sidang Perkara di Sikka Selama Pandemi Covid-19, Simak Penjelasan Kajari Fahmi

Bagaimana Pelaksanaan Sidang Perkara di Kabupaten Sikka Selama Pandemi Covid-19, Simak Penjelasan Kajari Fahmi

Penulis: Aris Ninu | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/ARIS NINU
Kajari Sikka, Fahmi, S.H, M.H 

Laporan ReporterPOS-KUPANG.COM, Aris Ninu

POS-KUPANG.COM, MAUMERE-Dalam proses persidangan yang dilakukan secara virtual saat ini, Kejaksaan Negeri Sikka telah melaksanakan persidangan online.

Persidangan online ini berdasarkan aturan dan mekanisme yang tertuang dalam Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 4 Tahun 2020 tentang Administrasi dan Persidangan Perkara Pidana di Pengadilan Secara Elektronik.

Yang mana Jaksa Penuntut Umum (JPU) selalu menjamin hak terdakwa untuk mendapatkan kepastian hukum secara cepat tanpa ada penundaan yang tidak semestinya serta senantiasa menjaga dan menjamin apa yang menjadi hak-hak terdakwa dalam persidangannya.

"Tidak ada pengurangan hak-hak daripada terdakwa dalam menjalankan persidangan atas perkaranya. JPU tetap memberikan keleluasaan kepada terdakwa untuk membela diri serta menunjuk Penasehat Hukumnya demi kepentingan pembelaan dihadapan persidangan.

Adapun posisi para pihak yaitu hakim berada di Pengadilan Negeri, Jaksa Penuntut Umum (JPU) dan Saksi berada di Kantor Kejaksaan, serta terdakwa berada di Rumah Tahanan Negara yang didampingi oleh Penasihat Hukumnya.

Baca juga: Kajari Sikka Beberkan Peran Kejaksaan di Masa Pandemi Covid-19

Proses persidangan tersebut menggunakan media Skype yang menghubungkan antara Hakim, Jaksa Penuntut Umum (JPU), Saksi-saksi serta terdakwa dan penasehat hukumnya.

Pada pokoknya hukum acara dalam KUHAP mutlak akan selalu berlaku pada persidangan virtual. Tidak ada perbedaan pemberian hak kepada Terdakwa dalam persidangan online, yang membedakan hanyalah hak untuk hadir secara fisik dalam persidangan dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid-19," kata Kajari Sikka, Fahmi dalam acara ngobrol asyik bersama POS-KUPANG.COM dalam program Jaksa Menyapa, Kamis, 25 November 2021 sore.

Ia menjelaskan, kejaksaan tentu akan selalu menjamin peradilan yang adil dan tidak memihak untuk menjamin hak-hak terdakwa terutama dalam hak membela diri dan hak mendapatkan keadilan yang seadil-adilnya.

"Untuk persidangan online saat ini Kejaksaan Negeri Sikka memiliki Inovasi Jadwal Persidangan yang dapat dengan mudah di akses melalui website Kejari-sikka.go.id sehingga memudahkan masyarakat untuk mengetahui jadwal persidangan," papar Kajari Fahmi.

Halaman
123
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved