Breaking News:

Jambu Air

Cara Olah Teh Daun Jambu, Banyak Manfaatnya Termasuk Mengurangi Risiko Penyakit Kanker

Daun jambu biji bisa diolah menjadi teh daun jambu, namun harus memperhatikan hal-hal ini agar bisa bermanfaat

Editor: Hermina Pello

POS-KUPANG.COM - Tanaman jambu biji ini sangat mudah ditemukan di mana saja karena tanaman ini mudah tumbuh termasuk di daerah yang panas pun bisa berkembang.

Tanaman jambu biji, tidak hanya buahnya saja yang berfungsi tapi juga daunnya

Dikutip dari Wikipediam Jambu biji (Psidium guajava) atau sering juga disebut jambu batu, jambu siki dan jambu klutuk adalah tanaman tropis yang berasal dari Brasil, disebarkan ke Indonesia melalui Thailand.

Jambu batu memiliki buah yang berwarna hijau dengan daging buah berwarna putih atau merah dan berasa asam-manis. Buah jambu batu dikenal mengandung banyak vitamin C.

Baca juga: Jambu Air Efektif Turunkan Resiko Stroke hingga Baik Untuk Mata dan Kulit, Simak Cara Mengolahnya

daun jambu biji (Psidium guajava L) mengandung berbagai senyawa metabolit sekunder antara lain tanin, minyak atsiri, flavonoid, dan saponin.

Senyawa-senyawa tersebut berpotensi sebagai antioksidan dan bahan pengawet alami.Daun jambu biji dikenal sebagai bahan obat tradisional untuk batuk dan diare.

Jus jambu biji "bangkok" juga dianggap berkasiat untuk membantu penyembuhan penderita demam berdarah dengue. Daun jambu biji sudah dikenal sejak dahulu sebagai pencegah dan mengurangi diare. 3 helai daun jambu biji direbus dengan 2 gelas air putih lalu direbus,lalu disaring dan diminumkan pada orang yang terkena diare.

Baca juga: Cara Memakai Air Rebusan Daun Jambu Biji Atasi Kerontokan Rambut, Hanya 30 Menit

Daun jambu kaya akan kandungan antioksidan dan nutrisi.

Maka dari itu, daun jambu juga sering dimanfaatkan sebagai obat-obatan tradisional termasuk di Indonesia, Jepang, China, Meksiko, dan India.

Biasanya daun jambu akan direbus menjadi teh. Seperti dilansir The Spruce Eats, banyak orang yang meminum teh daun jambu karena kandungan vitamin C dan antioksidannya yang tinggi.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved