Breaking News:

Berita Belu

Kehadiran Universitas Pertahanan Mendukung Pertanian di Perbatasan

Saat ini pola pertanian sudah bergeser dari pola tradisional ke arah pertanian modern dengan menerapkan sistem teknologi.

Penulis: Teni Jenahas | Editor: Rosalina Woso

Kehadiran Universitas Pertahanan Mendukung Pertanian di Perbatasan

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Teni Jenahas

POS KUPANG.COM, ATAMBUA--Kehadiran Universitas Pertahanan (Unhan) Republik Indonesia di Kabupaten Belu akan memberikan manfaat ganda bagi pembangunan di wilayah perbatasan khususnya Kabupaten Belu sebagai lokus universitas. 

Unhan memiliki tujuh program studi salah satunya adalah program studi pertanian. Prodi ini sangat relevan dengan potensi yang dimiliki Kabupaten Belu sebagai daerah pertanian dan peternakan. 
Sekitar 80 persen lebih penduduk kabupaten ini berprofesi petani. 

Bupati Belu, dr. Agustinus Taolin, Sp. PD mengatakan hal ini ketika mengikuti panen anggur hijau di Silawan, Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur. 

Menurut Bupati, potensi lahan pertanian di Kabupaten Belu sangat menjanjikan hanya saja belum dikelolah secara optimal karena keterbatasan-keterbatasan termasuk keterbatasan sumber daya manusia (SDM) petani. 

Saat ini pola pertanian sudah bergeser dari pola tradisional ke arah pertanian modern dengan menerapkan sistem teknologi.

Baca juga: Bupati Belu Agustinus Taolin Memaknai Hari Ulang Tahun Untuk Berbuat Baik

Pola ini membutuhkan sumber daya manusia yang bagus agar bisa menerapkan teknologi pertanian yang ada. Untuk meningkatkan SDM harus melalui jalur pendidikan. 

Menurut Bupati Agus Taolin, saat ini di Kabupaten Belu sudah ada Universitas Pertahanan yang aktivitas akademiknya mulai berjalan tahun ini.

Salah satu program studi di Unhan adalah pertanian. Program studi ini sangat mendukung pembangunan pertanian di Kabupaten Belu. Dari kampus ini akan melahirkan lulusan yang unggul di bidang pertanian, termasuk membudidaya tanaman anggur. 

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved