Breaking News:

Opini Pos Kupang

Fear of Missing Out Pengguna Medsos

Internet merupakan salah satu bentuk evolusi perkembangan komunikasi dan teknologi yang sangat berpengaruh pada kehidupan manusia

Fear of Missing Out Pengguna Medsos
DOK POS-KUPANG.COM
Logo Pos Kupang

Oleh : Wardy Kedy, Peneliti di Bidang Psikologi Sosial

POS-KUPANG.COM - Internet merupakan salah satu bentuk evolusi perkembangan komunikasi dan teknologi yang sangat berpengaruh pada kehidupan manusia saat ini. Salah satu akibat adanya internet adalah perubahan signifikan dalam pola interaksi sosial primer antar individu.

Percakapan konvensional seperti tatap muka telah digantikan peranannya dengan internet message, video call dan social media.

Hal ini dimungkinkan karena kekurangan-kekurangan yang dimiliki komunikasi konvensional seperti jarak dan waktu dapat ditutupi oleh internet (Hampton, Lauren, & Eun, 2011).

Kemudahan-kemudahan yang diberikan oleh internet secara tidak langsung menyebabkan seseorang memiliki tingkat kecanduan terhadap internet menjadi tinggi dan cenderung menunjukkan gejala kecanduan atau addict.

Baca juga: Kode Redeem FF Hari Ini 10 Juni 2021, Segera Klaim Kode Redeem Free Fire Terbaru

Baca juga: Perkemi Sumba Timur Siap Ikut Kejuaraan Kempo Antar Pelajar se-NTT

Keberadaan internet merubah perilaku seseorang dalam banyak aspek kehidupan, misalnya dalam hal penggalian suatu informasi, perilaku belanja, menghabiskan waktu luang, serta terutama dalam hal bagaimana seseorang berinteraksi dengan orang lain, terlebih di masa pandemi.

Para pengguna internet berinteraksi dengan orang lain melalui salah satu jenis situs yang cukup populer, yaitu situs jejaring sosial atau yang lebih dikenal oleh masyarakat sebagai media sosial (medsos).

Berdasarkan laporan tahunan yang diselenggarakan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) tahun 2019-2020, mengungkapkan bahwa terdapat 196,7 juta pengguna (73,7 persen) pengguna aktif internet pada kuartal II. Jumlah ini naik 64,8 persen di tahun sebelumnya, (Buletin APJII Edisi 74 November 2020).

Banyak media sosial yang digunakan pengguna internet saat ini, seperti Facebook, Twitter, You Tube, Instagram, Line dan Whats-Up. Namun, media sosial yang paling popular saat ini adalah Facebook, Instagram dan Twitter.

Banyaknya media sosial yang hadir mendorong pengguna internet memiliki lebih dari satu akun media sosial. Semakin banyak akun yang dikelola seorang pengguna internet, maka durasi waktu yang digunakan untuk mengakses media sosial juga akan semakin meningkat.

Baca juga: Ketua KRBF : Jangan Lindungi Kasus Korupsi dengan Alasan Kekurangan Anggaran

Baca juga: Dana Stimulan Untuk Perbaikan Rumah Akibat Seroja di Kota Kupang Belum Dicairkan BNPB

Halaman
123
Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved