Breaking News:

Terdakwa Kasus Tindak Pidana Perbankan, Jhon Sine Divonis 9 Tahun Penjara

Terdakwa kasus tindak pidana perbankan yang juga mantan Kepala Cabang Bank NTT Oelamasi Kabupaten Kupang, Jhon Sine  divonis sembilan tahun penjara

ISTIMEWA
Kapolres Kupang, AKBP Aldinan RJH Manurung 

POS-KUPANG.COM I KUPANG---Terdakwa kasus tindak pidana perbankan yang juga mantan Kepala Cabang Bank NTT Oelamasi Kabupaten Kupang, Jhon Sine  divonis sembilan tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Oelamasi.

Pembacaan putusan terhadap terdakwa dilaksanakan pada sidang di Pengadilan Negeri Oelamasi, Selasa (8/6/2021).  Adapub Majelis Hakim yang memutuskan perkara ini dipimpin Decky Arianto Safe Nitbani, SH, MH selaku hakim ketua didampingi oleh Revan Timbul H. Tambunan, SH dan Hendra Abednego Halomoan Purba, SH sebagai Hakim anggota.

Demikian kutipan putusan Majelis Hakim PN Oelamasi   yang dikirim Kapolres Kupang AKBP Aldinan RJH Manurung, SH, SIK, M.Si melalui Pasi Humas Aida Lalu Rohandy Hidayat kepada Pos-Kupang,  Rabu (9/6/2021).

Dikatakan, mantan Kepala Cabang Bank NTT Oelamasi Jhon Nedy Charles Sine alias Jhon Sine divonis sembilan tahun penjara. Dalam amar putusannya,  menyatakan Jhon Nedy Charles Sine alias Jhon Sine terbukti sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana perbankan.

Baca juga: Polres TTS Buru Pelaku Penikaman Oktovianus

Baca juga: Desember 2021, Air Bersih Akan Dialirkan ke Desa Persiapan Golo Tanggar Kabupaten Mabar

Oleh karena itu Majelis Hakim menjatuhkan pidana terhadap terdakwa dengan pidana penjara selama sembilan tahun dan denda Rp 10 Miliar  dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayarkan maka diganti pidana kurungan selama satu tahun.

Untuk diketahui, kasus tindak pidana perbankan yang di laporkan oleh pihak Bank NTT cabang Oelamasi , berupa penyalahgunaan kewenangan dalam pemberian fasilitas kredit KMK-JP konstruksi tahun 2017, KMK-KUR tahun 2018, KMK-RC proyek tahun 2018 dan pemberian fasilitas kredit KI-JP tahun 2018 pada Bank NTT Cabang Oelamasi.

Oleh Tipidkor Sat Reskrim Polres Kupang tersangka Jhon Sine dijerat pasal 49 ayat (1) huruf a subsidair pasal 49 ayat (2) huruf b Undang-undang Republik Indonesia nomor 10 Tahun 1998 tentang perubahan atas Undang-undang nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan Juncto pasal 55 Ayat (1) Ke–1 KUHP.

Kasus ini diduga kuat dilakukan oleh tersangka Jhon Sine yang saat itu merupakan pimpinan cabang Bank NTT Oelamasi-Kabupaten Kupang.

Baca juga: Cek Info Lolos Kartu Prakerja Gelombang 17 di www.prakerja.go.id, Ini Jadwal Pengumumannya

Baca juga: BREAKING NEWS: Ayah dan Anak di Kabupaten TTS Saling Bantu Habisi Nyawa Oktovianus

Selain melimpahkan berkas perkara dan tersangka, Polres Kupang juga menyerahkan barang bukti uang Tunai Rp 350.000.000, dokumen SOP pemberian kredit, laporan hasil audit investigasi oleh intern Bank NTT (Divisi SKAI).

Selain itu Daftar user olib’s Bank NTT Cabang Oelamasi. dokumen cek giro, slip penyetoran, slip penarikan. Dokumen Nota Debet kredit CN/DN. SK Pengangkatan sebagai pegawai Bank NTT serta SK pemecatan tidak dengan hormat yang dikeluarkan oleh Bank NTT terhadap tersangka.

Halaman
12
Penulis: Edy Hayong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved