Breaking News:

Kendalikan Belalang -- Dinas Pertanian dan Pangan Sumba Timur Terapkan Sistem Shift

Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Sumba Timur membagi petugas lapangan secara shift untuk melakukan pengendalian belalang

Dokumentasi Tim Brigade Pengendalian OPT Dinas Pertanian dan Pangan Sumba Timur
Petugas pengendalian belalang sedang melakukan penyemprotan pestisida pada sejumlah padang di wilayah Umalulu, Sumba Timur, Selasa (4/5/2021) 

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU -- Pihak Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Sumba Timur membagi petugas lapangan secara shift untuk melakukan pengendalian belalang. Petugas lapangan ini tergabung dalam Tim Brigade Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman ( OPT).

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Sumba Timur, Oktavianus Mb. Muku, S.P., M.Si, Selasa (4/5/2021).

Menurut Oktavianus, untuk mendukung proses pengendalian belalang di Sumba Timur, maka pihaknya menerapkan sistem shift untuk petugas di lapangan.

"Petugas kita terbatas, karena itu saya bagi dalam shift-shift sehingga bisa mengakomodir kegiatan penyemprotan di wilayah yang ada serangan belalang," kata Oktavianus.

Baca juga: Keracunan Pangan di Manggarai Timur Penyebabnya Masih Misteri, Simak Cerita Para Korban

Baca juga: Sejarah Lengkap Perayaan Waisak Umat Buddha Serta Makna Terdalamnya, Wajib Tahu Ya

Dijelaskan, petugas itu tergabung dalam Tim Brigade Pengendalian OPT yang ada di Dinas Pertanian dan Pangan.

Oktavianus juga mengakui, saat ini sudah ada regu pengendali hama di setiap desa dan kelurahan yang mendukung pemerintah untuk mengendalikan belalang.

Dikatakan, regu pengendali hama yang dibentuk itu akan tetap memantau dan membantu dinas dalam pengendalian hama di wilayah masing-masing.

"Apabila hama di wilayah masing-masing, maka regu pengendali ini langsung bergerak dan langsung mengendalikan belalang. Mereka juga dibantu oleh Brigade Pengendalian OPT," ujarnya.

Baca juga: Kapolres Sikka Pimpin Rakor Persiapan Operasi Ketupat 2021

Baca juga: Waduh Repot: Hindari Larangan Mudik, 9000 Santri Terpaksa Pulang Kampung Lebih Awal, Berita Viral

Koordinator Tim Brigade Pengendalian OPT Dinas Pertanian dan Pangan Sumba Timur, Jusuf Uli, mengatakan, pihaknya terus melakukan pengendalian hama belalang. Sistem pengendalian dilakukan dengan pembagian tim.

"Untuk pengendalian, kami bentuk tim sehingga tim ini bekerja juga dengan shift. Saat ini tim kami ada yang di bagian barat dan juga timur," kata Jusuf. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru)

Berita Sumba Timur

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved