Breaking News:

Suasana Siswa SMK Sadar Wisata Ruteng Ikut USBK

Pelaksanaan ujian sekolah di SMK Sadar Wisata Ruteng, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai dilaksanakan dengan sistem USBK

POS-KUPANG.COM/ROBERT ROPO
Para siswa Kelas 3 SMK Sadar Wisata Ruteng sedang mengikuti USBK. 

POS-KUPANG.COM | RUTENG----Pelaksanaan ujian sekolah di SMK Sadar Wisata Ruteng, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai dilaksanakan dengan sistem Ujian Sekolah Berbasis Komputer ( USBK) dan dilaksanakan secara ofline.

Kepala Sekolah SMK Sadar Wisata Ruteng, Wilhelmus Bastian, kepada POS-KUPANG.COM, Jumat (9/4/2021) mengatakan, pelaksanaan ujian sekolah dilaksanakan berbasis komputer berlangsung dari tanggal 6-13 April 2021. Pelaksanaan Ujian Sekolah Berbasis Komputer di SMK Sadar Wisata diselenggarakan secara ofline dan tidak menggunakan online.

Ujian sekolah tidak dilaksanakan secara online, kata Bastian, dengan berbagai pertimbangan karena banyak kesulitan.

Baca juga: Bulan Ramadan, XL Axiata Beri Promo Menarik

Baca juga: Bencana di NTT, Pertamina Peduli Turun Langsung Beri Bantuan

"Kesulitan Pertama, kita tidak bisa memastikan bahwa semua anak itu memiliki HP atau tidak, kedua, kami tidak bisa memastikan di tempat tinggalnya ada signal atau tidak dan ketiga, masalah pemantauan dari pihak sekolah, pengawas ujian apabila dilaksanakan secara online. Sehingga atas dasar pertimbangan-pertimbangan itu kita melaksanakan ujian sekolah berbasis komputer dan dilaksanakan di sekolah,"kata Bastian.

Bastian juga mengatakan, ujian sekolah ini juga merupakan salah satu kriteria dalam penentuan kelulusan. Karena itu tidak ada istilah lulus karena Covid-19.

"Jadi saya pastikan bahwa tidak ada istilah lulus Covid ini. Lulus itu berdasarkan kriteria yakni pertama nilai raport, kedua berdasarkan penilaian sikap minimal baik dan kriteria ketiga mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan,"tegas Bastian.

Baca juga: Ansy Lema Desak Tiga Menteri Alokasikan Anggaran untuk Bangun NTT Pasca Bencana

Baca juga: Forkoma PMKRI Nagekeo Buka Posko Peduli Korban Banjir Adonara dan Lembata

Wakasek Kurikulum sekaligus ketua Panitia Ujian SMK Sadar Wisata Ruteng, Servasius Maryono, juga menambahkan, jumlah siswa kelas 3 yang mengikuti ujian sekolah berbasis komputer itu sebanyak 1200 siswa. Pihaknya menyediakan 6 lab ujian dengan rata-rata setiap lab disiapkan 40 sampai 50 unit komputer.

Servasius juga mengatakan, pelaksanaan ujian tersebut juga tetap mengikuti Protokol Kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat. Dimana siswa sebelum mengikuti ujian wajib mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

Selain itu untuk menghindari kerumunan dan jumlah komputer terbatas, pihaknya membagi dalam sehari dilakukan 5 sesi dengan setiap sesi diikuti sebanyak 270 orang siswa.

Servasius juga menjelaskan, bagi siswa yang tidak hadir mengikuti ujian sekolah tersebut, pemberlakukan sama seperti aturan Nasional dimana siswa bisa mengikuti ujian susulan dengan alassan yang dapat dipertanggungjawabkan.

Sementara itu Pantauan POS-KUPANG.COM, terlihat sebelum masuk di lab ujian, satu persatu para siswa dibacakan namanya. Terlihat ada beberapa siswa tidak hadir.

Setelah masuk siswa tanpak diminta untuk memakai masker, mencuci tangan dengan hand sanitizer, selanjutnya mengikuti ujian sekolah berbasis komputer. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo)

Berita Kabupaten Manggarai

Penulis: Robert Ropo
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved