Breaking News:

Deno Kamelus Meninggal

Jenazah Almahrum Deno Kamelus, Mantan Bupati Manggarai Diantar Resmi Pemda Mabar dari Labuan Bajo

Mantan Bupati Manggarai Periode 2016-2021, Dr Deno Kamelus, SH.,MH, tutup usia di RS Siloam Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai B

POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS
Tampak keluarga sedang menunggu di rumah duka di Carep. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM | RUTENG----Mantan Bupati Manggarai Periode 2016-2021, Dr Deno Kamelus, SH.,MH, tutup usia di RS Siloam Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Selasa (6/4/2021) malam sekitar pukul 22.45 Wita.

Jenazah Almarhum Deno Kamelus, diantar oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat ke Ruteng Kabupaten Manggarai untuk disemayamkan. Pemda Manggarai yang dipimpin oleh Sekda Manggarai Drs Jahang Fansi Aldus turut menjemput jenazah almahrum dari Labuan Bajo.

Mewakili Keluarga Almahrum yang juga Kabag Kesra Setda Manggarai, Drs Teodorus Taram, ketika ditemui POS-KUPANG.COM di rumah duka, Rabu (7/4/2021) mengaku, kelurga tidak menerima kepergian Almahrum Deno Kamelus dan atas kepergian almahruma keluarga merasa sangat kehilangan dan membawa duka yang mendalam.

Baca juga: Biodata Deno Kamelus, Mantan Bupati Manggarai Yang Meninggal Dunia di RS Labuan Bajo

"Sebagai keluarga cukup berat berita duka ini. Tapi dalam keyakinan imam, menyadari bahwa hidup kita ini memang harus kembali kepada sang pemberi hidup, itulah yang menguatkan kami,"ungkap Teodorus.

Teodorus juga mengatakan, berdasarkan komunikasi saat ini Jenazah Almahrum sudah dibawa dari Labuan Bajo pada pukul 14.30 Wita. Jenazah Almahrum diantar secara  resmi oleh Pemda Manggarai Barat dan Pemda Manggarai dipimpin oleh Sekda Manggarai juga turut menjemput jenazah di Labuan Bajo.

Teodorus juga menjelaskan, Jenazah Almarhum akan dijemput oleh Keluarga di Wae Garit sebelum masuk Kota Ruteng. Selanjutnya akan dilakukan ritus adat penyerahan jenazah dari Pemda Manggarai Barat kepada Pemda Manggarai di depan gerbang kediaman Almarhum (Rumah Duka) di Carep. 

Baca juga: Jenazah Almahrum Deno Kamelus, Mantan Bupati Manggarai Diantar Resmi Pemda Mabar dari Labuan Bajo

Selanjutnya Jenazah akan ditaktakan ditempat penaktaan jenazah di rumah duka yang telah disediakan. Kemudian dilanjutkan dengan acara ritus adat haeng nai dan akan diberikan kepada keluarga dan kerabat untuk melayat sekitar 1 jam lalu dilanjutkan dengan perayaan Ekaristi.

Sementara terkait pemakaman jenazah, kata Teodorus, pihaknya masih mengkomunikasikan dengan istri Almarhum Ny Yeni Veronika.

Baca juga: PAN Berduka, Kehilangan Tokoh Politisi Ulung Deno Kamelus

Sementara rencana Pemda, kata Teodorus, yang juga mewakili Pemda, mengatakan, setelah perayaan Ekaristi pemakaman jenazah dilanjutkan dengan jenazah akan disemayamkan di Kantor Bupati Manggarai untuk memberikan kesempatan penghormatan terakhir dari para pegawai.

Selanjutnya, akan dilakukan upacara kenegaraan di depan kantor Bupati Manggarai dan selanjutnya jenazah akan diarahkan ke Taman Makam Pahlawan di Karot untuk dimakamkan. 

"Ini rencana Pemda terkait pemakaman, tapi masih koordinasikan dengan Istri Almahrum karena harus atas persetujuan beliau. Kalau keluarga besar sudah oke,"kata Teodorus.

Baca juga: Mantan Bupati Manggarai Deno Kamelus Wafat, Berikut Daftar Bupati Manggarai dari Masa ke Masa

Sementara itu, Pantauan POS-KUPANG.COM di rumah duka di Carep, Kelurahan Compang Carep, Kecamatan Langke Rembong, tanpa keluarga dan kerabat Almahrum sudah mulai berdatangan. Kema juga sudah dibangun di depan rumah duka kediaman Almarhum, begitu juga tempat untuk semayam Jenazah Almahrum juga sudah disiapkan di rumah duka.

Baca juga: BREAKING NEWS - Mantan Bupati Kabupaten Manggarai Deno Kamelus Tutup Usia di RS Siloam Labuan Bajo

Terlihat juga sejumlah karangan bunga ucapan berduka cita dipajangkan di rumah duka. Kelurga dan kerabat menangis pecah terdengar di telinga. (*)

Tampak keluarga sedang menunggu di rumah duka di Carep.
Tampak keluarga sedang menunggu di rumah duka di Carep. (POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS)

 

Penulis: Robert Ropo
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved