Breaking News:

Public Service Pos Kupang

Tidak Ada Box Sampah di Pasar Mbongawani

Pemrintah Kabupaten Ende tengah menjalankan program TOSS atau Teknologi Olah Sampah di Sumbernya

POS-KUPANG.COM/LAUS MARKUS GOTI
Sampah kelapa yang dihasilkan oleh seorang pedagang es kelapa di Kota Ende Kota Ende, Rabu (17/2). 

POS-KUPANG.COM - Selamat pagi Pos Kupang. Saya warga Kota Ende, pekerjaan saya pedagang. Setahu saya Pemrintah Kabupaten Ende tengah menjalankan program TOSS atau Teknologi Olah Sampah di Sumbernya, yang mana salah implementasi program ini yakni menyediakan box sampah bambu di pasar.

Tahun lalu saya amati ada box-box tersebut di pasar, misalnya di Pasar Mbongawani dan Potulando. Juga kalau saya pantau di beberapa titik di pinggir jalan ada box sampah bambu.

Tapi sekarang, kok tidak ada lagi. Apakah program TOSS ini sudah berhenti? Kenapa berhenti? Program ini sangat bagus bukan?

Pelayanan Paripurna Sumbing Bibir Langit-langit

Selain bisa memperbaiki tata kelola sampah di Ende, juga ada manfaat lain, yaitu untuk bahan bakar kompor dan untuk bahan bakar pengganti batu bara di PLTU Ropa.

Satu lagi, saya meminta Pemerintah Kabupaten Ende, melalui dinas terkait lebih gencar lakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait TOSS ini, karena banyak masyarakat yang belum tahu dan paham.

NTT Provinsi Termiskin Ketiga se Indonesia, DPRD Sebut Janji Gubernur dan Wagub Masih Mimpi

Usul saya untuk sosialisasi dan edukasi, sebaiknya sampai ke tingkat lurah, desa bahkan hingga RT dan RW. Bila perlu gandeng kelompok-kelompok anak muda supaya edukasi dan sosialisasi lebih masif. Kalau semua bergerak, saya yakin program ini bisa berjalan baik.

Selama ini saya lihat masyarakat tahu ada box-box bambu, tapi tidak tahu apa fungsinya box itu. Kenapa disimpan di box bambu. Singkatnya, saya mau katakan masyarakat belum seluruhnya paham dengan TOSS ini.

Terimakasih

Thomas A
Warga Ende

Tanggapan

Halaman
12
Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved