Breaking News:

Pemprov NTT Akan Sewa Laboratorium PCR dari Pihak Swasta

Pemprov NTT memastikan akan menyewa fasilitas laboratorium untuk mempercepat pelaksanaan pemeriksaan sampel swab

Penulis: Ryan Nong | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat 

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur ( Pemprov NTT) memastikan akan menyewa fasilitas laboratorium untuk mempercepat pelaksanaan pemeriksaan sampel swab di wilayah Provinsi NTT.

Pemeriksaan sampel swab saat ini mengalami kelambatan karena terjadi penumpukan sampel swab. Bahkan sampel dari beberapa kabupaten harus mengantri lebih dari dua pekan untuk diperiksa di Laboratorium Biomolekuler RSUD Prof WZ Johannes.

Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat yang ditanya terkait persiapan Laboratorium PCR untuk wilayah lain di NTT menegaskan akan mengusahakan secepatnya pengadaan laboratorium tersebut.

Baca juga: Pemkab Sumba Barat Dukung Pemprov NTT Bangun Laboratorium PCR Di Pulau Sumba

Pihak Pemprov, jelas Gubernur Laiskodat, tengah memproses upaya sewa fasilitas laboratorium dari pihak swasta. Ia mengatakan, penyewaan tersebut dilakukan sebagai langkah pertama sebelum bantuan laboratorium dari pemerintah pusat terealisasi.

"Lagi diproses sewa (Laboratorium PCR), sambil menunggu bantuan Pusat. Ya, dari swasta kita minta untuk sewa dulu," ujar Gubernur Laiskodat kepada POS-KUPANG.COM di Kantor Gubernur NTT, Senin (1/2/2021) siang.

Baca juga: Kasus Penganiayaan Warga oleh Anggota Satpol PP Berakhir Damai, Laporan Polisi Belum Dicabut

Sebelumnya, Wakil Gubernur Josef Nae Soi mengatakan, Pemerintah Provinsi NTT secara resmi bersurat ke Kementerian Kesehatan RI dan Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid-19 untuk membangun dua laboratorium Biomolekuler di Provinsi NTT.

Pembangunan dua laboratorium Biomolekuler itu dimaksudkan untuk mengurai dan menangani persoalan penumpukan swab PCR di daerah.

"Hari ini kami sudah bikin (surat) secara resmi ke Menteri Kesehatan secara formal. Kami minta kepada Menkes dan Kepala Gugus Tugas Nasional, Doni Monardo untuk bantu kita PCR untuk bangun di Sumba dan Flores," ujar Wakil Gubernur NTT, Josef Adrianus Nae Soi usai meresmikan Central Oxigen Mini di RSUD Prof WZ Johannes Kupang, Senin (1/2/2021) pagi.

Wagub Nae Soi mengatakan, selain meminta pembangunan laboratorium di Flores dan Sumba, Pemprov juga meminta agar proses pengiriman Reagen dipercepat.

Saat ini, Pemerintah Provinsi NTT hanya memiliki satu laboratorium untuk memeriksa sampel PCR yakni Laboratorium Biomolekuler RSUD Prof WZ Johannes Kupang. Selain Laboratorium itu, pemerintah juga telah meresmikan Laboratorium Biomolekuler Kesmas Provinsi NTT di RS Penyangga Undana Kupang yang diprioritaskan untuk pelaksanaan pool test bagi surveilans.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved