Breaking News:

Pemkab Sumba Barat Dukung Pemprov NTT Bangun Laboratorium PCR Di Pulau Sumba

Pemkab Sumba Barat Dukung Pemprov NTT Bangun Laboratorium PCR Di Pulau Sumba

POS-KUPANG.COM/PETRUS PITER
Jubir Covid-19 Sumba Barat, drg.Bonar B.Sinaga 

Pemkab Sumba Barat Dukung Pemprov NTT Bangun Laboratorium PCR Di Pulau Sumba

POS-KUPANG.COM |WAIKABUBAK---Pemerintah Kabupaten Sumba Barat dalam hal ini Dinas Kesehatan menyatakan mendukung rencana pemerintah Provinsi NTT ( Pemprov NTT) membangun laboratorium polymerase chain reaction ( PCR) di Pulau Sumba. Kehadiran laboratorium PCR sangat penting untuk melakukan pemeriksaan laboratoriun mendeteksi keberadaan material genetik dari virus corona tersebut.

Dengan demikian hasil pemeriksaan sampel swab berjalan lebih lancar dan dalam waktu singkat pula mendapatkan hasil pemeriksaan dari laboratorium itu. Sebab selama ini, pemeriksaan sampel swab terpusat di rumah sakit umum Prof.W.Z Yohanis Kupang. Waktu menunggu hasil pemeriksaan laboratorium rumah sakit umum Prof.W.Z Yohanis Kupang cukup lama antara 5 hari sampai 12 hari. Hal itu terjadi karena adanya antrean swab dari 22 kabupaten dan kota di NTT.

Baca juga: Kasus Penganiayaan Warga oleh Anggota Satpol PP Berakhir Damai, Laporan Polisi Belum Dicabut

Demikian tanggapan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Barat , drg.Bonar B.Sinaga, Senin (2/2/2021) ketika dminta komentar atas rencana pemerintah Propisni NTT membangun PCR di Pulau Sumba dan Pulau Flores pada tahun 2021 ini.

Menurutnya, mendukung rencana pemerintah Propinsi NTT membangun laboratorium PCR di pulau Sumba. Dengan demikian mempercepat pemeriksaan sampel swab dan sekaligus memudahkan penanganan penularan virus corona di lapangan. Dengan hasil yang cepat, memudahkan pemerintah mengambil langkah penanganan sehingga tidak mudah menyebar pihak lainnya.

Baca juga: Ini Penyebab Lambatnya Pemeriksaan Sampel PCR di Laboratorium Biomolekuler RSUD Kupang

Ia menambahkan, mencermati perkembangan penularan virus corona di NTT cenderung naik termasuk Sumba Barat. Karena itu kehadiran laboratorium PCR di Pulau Sumba baik adalah sebuah hal mendesak demi memudahkan penanganan penularan virus corona diempat kahupaten di Pulau Sumba. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter)

Penulis: Petrus Piter
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved