Breaking News:

Pilkada di NTT

Empat Pasang Calon Kepala Daerah Lakukan Pemeriksaan Kesehatan di RSUD Prof Johannes Kupang

Sebanyak empat pasangan calon bupati - wakil bupati melaksanakan pemeriksaan kesehatan lengkap di RSUD WZ Johannes Kupang

Empat Pasang Calon Kepala Daerah Lakukan Pemeriksaan Kesehatan di RSUD Prof Johannes Kupang
POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Suasana pemeriksaan kesehatan pasangan calon kepala daerah di IGD Terpadu RSUD Prof WZ Johannes Kupang, Senin (6/9/2020).

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Sebanyak empat pasangan calon bupati - wakil bupati melaksanakan pemeriksaan kesehatan lengkap di RSUD WZ Johannes Kupang, Senin (7/9/2020).

Pemeriksaan kesehatan hari pertama diikuti oleh tiga pasangan calon kepala daerah dari Kabupaten Sabu Raijua dan satu pasangan calon kepala daerah dari Kabupaten Sumba Timur.

"Hari ini pemeriksaan kesehatan lengkap diikuti oleh tiga pasangan calon kepala daerah dari Kabupaten Sabu Raijua dan satu pasang calon kepala daerah dari Kabupaten Sumba Timur," jelas Ketua KPU NTT, Thomas Dohu.

Gubernur NTT Bangun Pabrik Pakan Ternak Dan Sekolah Pariwisata Di Sumba Tengah

Pemeriksaan kesehatan lengkap dilaksanakan setelah pasangan calon kepala daerah dinyatakan negatif dalam pemeriksaan swab Covid-19.

Tiga pasangan calon kepala dari Kabupaten Sabu Raijua terdiri dari pasangan Drs. Nikodemus N. Rihi Heke, M.Si - Yohanes Uly Kale, A.Md, pasangan Orient P. Riwu Kore - Thobias Uly dan pasangan Ir. Takem Irianto Radja Pono, M.Si - Ir. Herman Hegi Radja Haba.

Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya Kapasitas 20 Ribu Mega Watt di Sumba

Sementara dari Kabupaten Sumba Timur, pasangan Drs. Kristofel Praing, M.Si - David Melo Wadu, ST juga menghadiri pemeriksaan kesehatan lengkap hari pertama.

Direktur RSUD Prof WZ Johannes Kupang, dr. Mindo Sinaga mengatakan, sesuai dengan peraturan KPU, pemeriksan seharusnya telah dilakukan sejak tanggal 4 September 2020. Namun, karena pada tanggal 4 hingga 6 September 2020 masih dilangsungkan pendaftaran pasangan calon maka pemeriksaan kesehatan baru dimulai pada hari ini, Senin (6/9).

"Hari ini baru tiga pasangan calon dari Kabupaten Sabu Raijua dan tiga pasangan calon dari Kabupaten Sumba Timur. Mungkin besok lebih banyak," ungkap dr Mindo Sinaga.

Ia mengatakan, rangkaian pemeriksaan lengkap dilakukan dimulai dengan pemeriksaan swab untuk mengetahui paparan Covid-19 pada pasangan calon kepala daerah. Selain pemeriksaan swab juga dilaksanakan pemeriksaan darah, pemeriksaan laboratorium lengkap dan pemeriksaan fisik.

Ia mengatakan, selain empat pasangan calon kepala daerah yang melakukan pemeriksaan lengkap, terdapat pasangan calon kepala daerah yang melakukan pemeriksaan swab Covid-19.

"Hari ini sebagian besar pengambilan swab, kita harapkan hasilnya hari ini keluar sehingga besok kita mulai dengan pemeriksaan kesehatan lengkap mereka," tambahnya.

Ia menjelaskan, pemeriksaan swab dilaksanakan satu hari sekali. Pengambilan sampel swab untuk hari bersangkutan ditentukan hingga pukul 11.00 Wita. Jika pasangan calon melakukan pengambilan sampel swab di atas pukul 11.00 Wita, maka pemeriksaan swab mereka akan dilaksanakan keesokan harinya.

"Kita tergantung dari peserta yang datang. Yang pastinya tidak lewat dari jam 11 siang supaya hasilnya kita bisa ketahui malam. Tetapi kalau sudah di atas itu maka pemeriksaan swab kita lakukan besok pagi," kata dr Mindo Sinaga.

Wakil Direktur Bidang Pelayanan RSUD Prof wz Johannes Kupang, dr Stefanus Dhe Soka menambahkan, proses pemeriksaan kesehatan lengkap dimulai pada pukul 07.00 Wita setiap harinya. Hasil pemeriksaan akan diumumkan pada 12 September 2020 mendatang. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong)

Penulis: Ryan Nong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved