Breaking News:

Lembata

Video-Sampah Pengunjung Membuat Pesona Pantai Wade Lembata Sirna

Pantai Wade jadi salah satu ikon pariwisata yang ada di Kabupaten Lembata. Keindahan Pantai Wade yang berada di Pesisir Pantai Selatan Lembata.

POS-KUPANG.COM, LEWOLEBA—Pantai Wade jadi salah satu ikon pariwisata yang ada di Kabupaten Lembata. Keindahan Pantai Wade yang berada di Pesisir Pantai Selatan wilayah Kecamatan Lebatukan ini menarik kehadiran banyak wisatawan lokal.

Namun sayang, pesona Pantai Wade yang berada di Desa Balurebong itu seakan sirna karena sampah wisatawan lokal yang berserakan di pesisir pantai.

Disaksikan POS-KUPANG.COM, Kamis 23 Juli 2020, pemandangan tak elok itu mulai nampak ketika memasuki salah satu lokasi pariwisata populer di Kabupaten Lembata itu.

Banyak sampah plastik seperti botol minuman kemasan, bungkus makanan, pecahan botol bir, bungkus rokok dan beraneka sampah lainnya berserakan begitu saja di pasir pantai.

Tak ada tempat sampah disiapkan di sana. Nampak pula ada tumpukan sampah yang dibakar dan sebagian melahap rumput-rumput kering di pesisir pantai berpasir putih tersebut.

Rendi Toga, salah satu pengunjung yang ditemui di Pantai Wade, mengaku kagum dengan panorama alam di Wade.

Video-Dugaan Kasus Penghinaan, Bupati Gidion Mbiliyora Dipolisikan Partai Golkar Sumba Timur

Video-BREAKING NEWS: Seekor Ikan Paus Terdampar di Pantai Nunhila Kota Kupang

Video-Mubazir Proyek Air Bersih Senilai Miliaran Rupiah di Kota Kupang

Akan tetapi, yang dia sesalkan juga, banyak sekali sampah yang berserakan. Rendi yang baru pertama kali menginjakan kaki di sana, tak pernah membayangkan kalau pantai yang banyak diunggah di media sosial itu justru ternoda karena ulah pengunjung yang meninggalkan sampah di sana.

Rendi juga menyoroti aksi vandalisme yang terpampang di dinding tembok toilet. Coret-coret tulisan di tembok juga turut merusak pemandangan Pantai Wade sembari menambah kesan kalau toilet itu memang tidak terawat.

Dimintai tanggapannya, pemerhati masalah sampah di Lembata, Theresia Wilibrorda, mengaku prihatin dengan kondisi Pantai Wade yang dipenuhi sampah yang berserakan.

Menurutnya, perilaku wisatawan lokal yang tak peduli lingkungan semacam itu memang sangat tidak terpuji dan memalukan.

Halaman
12
Penulis: Ricardus Wawo
Editor: John Taena
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved