Breaking News:

Gubernur Ingatkan Bangun NTT Dimulai Dengan Riset

Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat mengatakan membangun NTT harus dimulai dengan riset

Dok Humas NTT
Gubernur NTT saat diterima dalam upacara adat ketika kunjungan kerja ke Kabupaten Manggarai 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Satu pekan Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) bersama sejumlah pejabat safari ke kabupaten-kabupaten di Pulau Flores bagian barat, mulai dari Labuan Bajo hingga Ende.

Rilis Humas dan Protokol, Sabtu (4/7) menyebutkan, Senin (22/6), Gubernur VBL memulai safari pembangunan yang dikemas dalam kunjungan kerja di Labuan Bajo, Manggarai Barat. Dari bumi Komodo itu, VBL kembali mempertegas komitmennya untuk menjadikan pariwisata sebagai prime mover pembangunan NTT. Dalam spirit Labuan Bajo sebagai destinasi wisata super premium, Gubernur VBL perlahan membenahi Labuan Bajo.

Hal pertama yang dilakukan adalah menertibkan tanah milik Pemerintah Provinsi NTT di Pantai Pede, yang akan dijadikan hotel dan area publik.

5 Ibu Laporkan Admin Arisan Online ke Polda NTT karena Dirugikan Hingga Ratusan Juta

Semua itu harus dikelolah berbasis ekologis. Artinya, membangun disesuaikan dengan lingkungan. VBL malah mengingatkan agar bangunan hotel di bibir Pantai Pede, harus jauh lebih bagus dan representatif, dari bangunan hotel lain di kawasan tersebut. Prinsipnya, pembangunan pariwisata harus berbasis masyarakat.

Dari Pantai Pede, VBL berkeliling melihat Pulau Padar dengan speed boat untuk memastikan bahwa kawasan itu kembali menggeliat dan sudah bisa dikunjungi wisatawan di era normal baru setelah tiga bulan sepi karena pandemi corona.

Anita Gah Janji Mahasiswa Tidak Mampu Bisa Dapat Beasiswa

VBL mengingatkan semua stakeholder bahwa untuk membangun NTT harus dimulai dengan riset, harus dengan perencanaan yang matang-baik.

Sebab, mengutip para pakar, bahwa kalau perencanaan baik dan benar, maka laba 50 persen sudah ada di tangan. Karena itu, dalam pelaksanaannya pun harus benar dan konsisten, sehingga VBL meyakini akan terjadi loncatan-loncatan besar dan signifikan untuk kemajuan pembangunan di NTT.

Setiap pemimpin, menurut VBL, harus bisa meninggalkan karya besar dan karsa yang akan selalu dikenang oleh masyarakat.

Kerja Sama Gereja

Di Ruteng, Kabupaten Manggarai, Gubernur VBL bersilaturahmi dengan Mgr. Siprianus Hormat, Pr. Bagi VBL, kehadiran Mgr. Sipri membawa energi baru dalam membangun NTT. Menurutnya, butuh perencanaan yang baik untuk membangun NTT. Butuh energi bersama untuk membangun NTT. Perlu desain bersama antara gereja dengan pemerintah.

Halaman
123
Penulis: Ryan Nong
Editor: Hermina Pello
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved