Mahasiswa FKH Undana Lakukan Pengabdian Masyarakat di Desa Camplong II Kupang

Mahasiswa FKH Undana Kupang Lakukan Pengabdian masyarakat di Desa Camplong II Kabupaten Kupang

Mahasiswa FKH Undana Lakukan Pengabdian Masyarakat di Desa Camplong II Kupang
ISTIMEWA
Foto bersama dalam pengabdian kepada masyarakat di Desa Camplong II, Kecamatan Fatuleu, Kabupaten Kupang, Rabu (11/12/2019). 

Mahasiswa FKH Undana Kupang Lakukan Pengabdian masyarakat di Desa Camplong II Kabupaten Kupang

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Nusa Cendana (Undana) melakukan pengabdian kepada masyarakat di Desa Camplong II, Kecamatan Fatuleu, Kabupaten Kupang.

Dalam pengabdian kepada masyarakat sekaligus pengembangan desa mitra ini diketuai oleh drh. Aji Winarso, M.Si dan dilakukan tepat di Dusun Oelbioin, Desa Camplong pada 11 Desember 2019.

Diduga Cemarkan Nama Baik PMKRI, Akun Facebook Maxi Dilaporkan ke Polres TTU

Kepada POS-KUPANG.COM, Ketua tim pelaksana, drh. Aji Winarso, M.Si, mengatakan, peternak mitra kegiatan ini tergabung dalam Kelompok Tani Ternak Talekomunit.

Dikatakannya, pengabdian masyarakat yang telah dilaksanakan, ujar Aji, untuk meningkatkan kemandirian pangan protein hewani peternak dan meningkatkan keberlangsungan usaha peternakan rakyat melalui peningkatan ekonomi peternak.

Selanjutnya, memperluas pengenalan jenis ternak baru (diversifikasi) dengan siklus produksi yang lebih cepat dan dapat menjadi penyangga ekonomi keluarga peternak.

Gandeng BPOM, Komisi IX DPR RI Sosialisasi Keamanan Pangan dan Kemasan Pangan di Kota Kupang

"Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan manajemen pemeliharaan ternak pada peternakan rakyat di Desa Camplong II menuju peternakan yang lebih modern dan intensif," katanya.

Selain itu, Aji berpendapat, lahan kering di Provinsi NTT memiliki potensi usaha peternakan yang juga besar, meskipun kelangkaan sumber daya dapat terjadi di musim tertentu.

Diversifikasi hewan ternak dapat dikenalkan kepada peternak di lingkungan lahan kering.

"Diversifikasi ternak akan membantu daya tahan peternakan dan keberlangsungan usaha akibat fluktuasi ketersediaan sumber daya peternakan. Dengan berbagai tantangan yang ada dalam usaha peternakan, pengembangan peternakan yang notabenenya adalah peternakan rakyat berskala kecil yang sangat rentan dengan kondisi ekonomi keluarga, maka hal yang harus dilakukan adalah menjaga keberlangsungan usaha melalui penguatan ekonomi peternak," katanya.

Pada tahap awal, lanjut Aji, hasil usaha peternakan dapat membantu petani dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Selanjutnya, pada jangka panjang, peternakan mampu menjadi penopang utama kebutuhan ekonomi keluarga.

Diakuinya, melalui kegiatan ini, peternak mendapatkan bantuan kolam lele permanen beserta bibit lele dan pakannya.

Selain itu peternak mendapatkan bantuan pembuatan kandang dan kolam dangkal untuk budidaya bebek beserta anakan bebek dan pakannya.

"FKH Undana berharap bila peternak serius mengelola ternak baru ini, maka hasilnya sebagai pendapatan tambahan yang juga akan mendukung usaha peternakan sapi," katanya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gecio Viana)

Penulis: Gecio Viana
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved