BPJS Ende Tanggung Operasi Caesar Sebesar Rp 3,3 Miliar

Lembaga BPJS Cabang Ende menanggung biaya operasi caesar sebesar Rp 3,3 Miliar dengan jumlah kasus persalinan sebanyak 560 kasus

BPJS Ende Tanggung Operasi Caesar Sebesar Rp 3,3 Miliar
Pos Kupang.com/Romualadus Pius
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ende, Indira Azis Rumalutur 

POS-KUPANG.COM | ENDE - Lembaga BPJS Cabang Ende menanggung biaya operasi caesar sebesar Rp 3,3 Miliar dengan jumlah kasus persalinan sebanyak 560 kasus yang selama kurun waktu tahun 2019.

Kepala BPJS Cabang Ende, Indira Azis Rumalutur mengatakan hal itu kepada Pos- Kupang.Com, Kamis (5/1/2019) ketika dikonfirmasi mengenai tanggungan BPJS yang paling besar kepada masyarakat dalam wilayah kerja BPJS Cabang Ende.

Pilkada Sumba Barat, Pasangan Yohanes Dade-John Lado Dapat Restu Demokrat dan Perindo

Indira mengatakan bahwa selama tahun 2019 dari 10 jenis patron yang ditanggung oleh BPJS, adalah kasus operasi cesar yang paling besar atau menempati urutan pertama.

Indira mengatakan berkaitan dengan operasi cesar, kasus juga dipengaruhi oleh akses ke ruma sakit dan jumal peserta maupun ketersediaan tenaga kesehatan dalam hal ini setidaknya dokter.

Tak Menemui Bupati dan Pejabat Sekda TTU, PMKRI Bangun Posko Peduli Teko di Kantor Bupati TTU

Dikatakan dari data yang disajikan Kabupaten Manggarai Barat yang sejauh ini memiliki jumlah kasus persalalina yang palng tinggi kurang lebih sekitar 560 kasus dengan biaya Rp 3,3 milyar khusus untuk operasi cesar.

Sedangkan secara keselurhan sepanjang tahun 2019 terdapat 1.200 operasi cesar yang ditanggung oleh BPJS Cabang Ende mulai dari Manggarai Barat dan Manggarai serta Manggarai Timur dan Ngada juga Nagekeo serta Ende.

"Iya sepanjang klaim 2019 saat ini di Kantor Cabang Ende meliputi 6 kabupaten ada sekira 1.200 kasus operasi cesar baik pembedahan ringan dan pembedahan sedang,"kata Indira.

Sedangkan untuk pelayanan jantung di wilayah Cabang Ende belum ada pelayanan,ujar Indira.
Indira menjelaskan untuk patron 10 besar penangan yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan dari 6 kabupaten masing-masing menempati ururan 1 adalah operasi pembedahan cesar ringan dan urutan 2 adalah Neonatal BBL group tanpa prosedural mayor ringan serta urutan 3 adalah persalinan vaginal sedang dan pada urutan 4 persalinan vaginal ringan serta urutan 5 adalah operasi pembedahan cecar sedang.

Sementara pada urutan ke-6 adalah simple pneumonia dan whooping cough ringan dan urutan 7 adalah infeksi non bakteri ringan dan urutan 8 neonatal BBL group 4 tanpa prosedural mayor ringan serta urutan 9 neonatal berat badan lahir group 5 dengan sindrom distres pernafasan ringan dan pada uruan ke-10 adalah penyakit paru obstruktif kronis ringan.

Hal itu ujar Indira berdasarkan klaim dari dari fasilitas kesehatan wilayah kerja BPJS Cabang Ende yang meliputi Kabupaten Ende dan Nagekeo, Ngada serta Manggarai Timur dan Manggarai juga Manggarai Barat. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Romualdus Pius)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved