Empat Unit Bus Damri Beroperasi di Bandara Komodo, Ini Penjelasan Kadishub Manggarai Barat

Empat Unit Bus Damri Beroperasi di Bandara Komodo, Ini Penjelasan Kadishub Manggarai Barat

Empat Unit Bus Damri Beroperasi di Bandara Komodo, Ini Penjelasan Kadishub Manggarai Barat
POS-KUPANG.COM/Servatinus Mammilianus
Bus Damri yang melayani Bandara Komodo 

Empat Unit Bus Damri Beroperasi di Bandara Komodo, Ini Penjelasan Kadishub Manggarai Barat

POS-KUPANG.COM | LABUAN BAJO - Sebanyak empat unit bus Damri saat ini beroperasi di Bandara Komodo Labuan Bajo, untuk melayani penumpang di Bandara tersebut.

Keberadaan mobil tersebut sempat mendapat sorotan karena dinilai Damri seharusnya melayani desa-desa yang lebih membutuhkan kehadirannya.

DPRD Sumba Timur Respon Cepat Tuntutan Aliansi SADAR Sumba

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) Aleks Saren Kelang, menyampaikan bahwa mobil tersebut berasal dari Dirjen Perhubungan Darat.

"Mobil Damri itu dari Dirjen Perhubungan Darat. Merupakan bantuan untuk empat destinasi pariwisata termasuk Labuan Bajo. Launchingnya pada 1 Agustus lalu. Mobil itu hanya beroperasi dalam kota," kata Aleks saat dikonfirmasi wartawan, Senin (30/9/2019).

Dijelaskannya, besaran biaya bagi para penumpang yang menggunakan jasa Damri dari Bandara Komodo berkisar antara Rp 5 ribu sampai Rp 35 ribu per orang.

TRIBUN WIKI: Sensasi Mandi Air Panas Soa di Ngada

"Izin trayeknya dari Dirjen Perhubungan Darat. Pendapatan dari operasinya mobil itu diberikan ke Perum Damri, yaitu perusahan umum angkutan Damri," kata Aleks.

Sebelumnya diberitakan, operasinya bus tersebut mendapat sorotan dari beberapa driver airport taxi.

"Yang kami dengar bus Damri itukan mendapat subsidi bahan bakar dari pemerintah. Seharusnya bus Damri melayani rute ke desa-desa. Masih banyak masyarakat di desa atau kampung-kampung yang belum dilayani oleh angkutan. Damri ke sana saja," kata salah satu driver airport taxi Mekos, saat ditemui di terminal Bandara Komodo Labuan Bajo, Jumat (16/8/2019) sore.

Driver airport taxi lainnya, Maximus Gagung, menyampaikan hal senada.

Disampaikannya bahwa loket pelayanan untuk penjualan tiket dari Bus Damri itu berdampingan dengan loket airport taxi di ruangan kedatangan penumpang. (Laporan reporter pos-kupang.com, servatinus mammilianus)

Penulis: Servan Mammilianus
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved