TRIBUN WIKI: Sensasi Mandi Air Panas Soa di Ngada

TRIBUN WIKI: sensasi mandi air panas Mengeruda di Kecamatan Soa Kabupaten Ngada

TRIBUN WIKI: Sensasi Mandi Air Panas Soa di Ngada
POS-KUPANG.COM/Eginius Mo'a
Pegunjung air panas Soa mendi terjunan air panas di Kabupaten Ngada, Pulau Flores, Sabtu (28/9/2019). 

TRIBUN WIKI: sensasi mandi air panas Mengeruda di Kecamatan Soa Kabupaten Ngada

POS-KUPANG.COM | BAJAWA - Mata air panas Ae Sale Mengeruda di Kecamatan Soa, Kabupaten Ngada, Pulau Flores, sudah lama dikenal warga, wisatawan nusantara dan mancanegara.

Sumber mata air panas terbesar di Pulau Flores ini lebih dikenal dengan nama air panas Soa menjadi salah satu tujan wisatawan.

Ikut Demo di DPR Berkedok Pelajar SMA, Pria Ini Ternyata Sekuriti Diimingi Uang Oleh Oknum Tertentu

Mengakses ke sumber mata air relatif mudah. Ketika anda tiba di Kota Bajawa, perjalanan dengan sepeda motor atau mobil bisa ditempuh setengah jam. Begitu pula dari timur perjalanan melalui Boawae, menuju sumber air panas bisa ditempuh 30-45 menit berkendaraan.

Bahkan ketika perjalanan udara melewati Bandara Soa, jaraknya lebih dekat. Tak sampai 10 menit sudah sampai di mata air panas.

BREAKING NEWS : Mobil Terbalik Tewaskan Warga Tomberabu Ende

Berapa tarif masuk? Bagi wisatawan asing dikenakan Rp 20.000/dewasa dan Rp 10.000 untuk anak-anak. Wisatawan nusantara atau domestik, tarifnya dewasa Rp 10.000 dan anak-anak Rp 5.000. Apabila anda menggunakan kendaraan roda enam tarifnya Rp 10.000, Rp 5.000 roda empat dan Rp 3.000 untuk roda dua.

Penjaga Air Panas Soa, Benediktus Podhi, kepada pos-kupang.com, Sabtu (28/9/2019) mengatakan rata-rata kunjungan 100-200 orang/hari pada hari ramai dan sepi.Sedangkan rata-rata pendapatan Rp 1 juta/hari.

"Hari ramai kunjungan yakni hari libur Juni sampai Agustus. Sekarang musim sepi. Pengunjung terbanyak dari turis domestik di seluruh Flores dan luar Flores," ujar Benediktus.

Mandi air panas Soa tentu saja beda dengan aitr panas kebanyakan di tempat yang lain. Sebuah kolam besar di mata air yang keluar bisa menampung lebih dari 100 orang berendam.

Namun sensasinya lebih hebat ketika mandi di terjunan air panas pertemuan dengan kali air dingin. Meski tak banyak yang memilih mandi di terjunan karena relatif deras.

Melky Tallo, ASN Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Propinsi NTT, sepulang tugas dinas di Borong, Kabupaten Manggarai Timur singgah mandi di Soa. Baru pertama kali mandi, Melky mengaku air panas sangat bagus untuk terapi.

"Air panasnya bagus. Senang sekali bisa mandi di Soa," ujar Melky.

Jika sempat datang ke Bajawa jangan lewatkan mandi di mata air panas Soa dan rasakan sensasinya. (laporan reporter pos-kupang.com, eginius mo'a)

Penulis: Eugenius Moa
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved