Kota Kupang Ranking 1 Penderita HIV/AIDS Kadis Kesehatan Minta Orangtua Lakukan Ini

Wilayah Kota Kupang ranking 1 penderita HIV/AIDS kadis kesehatan minta orangtua lakukan ini

Kota Kupang Ranking 1 Penderita HIV/AIDS Kadis Kesehatan Minta Orangtua Lakukan Ini
POS-KUPANG.COM/LAUS MARKUS GOTI
drg. Retnowati Kadis Kesehatan Kota Kupang di ruang kerjanya, Senin (9/9/2019). 

Wilayah Kota Kupang ranking 1 penderita HIV/AIDS kadis kesehatan minta orangtua lakukan ini

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Wilayah Kota menempati urutan pertama penderita HIV/AIDS terbanyak di Provinsi Nusa Tenggara Timur ( NTT).

Dinas Kesehatan Kota Kupang, mendata jumlah penderita HIV/AIDS di Ibu Kota Provinsi NTT itu per Juli 2019 mencapai 1.509 orang.

Kadis Kesehatan Kota Kupang, drg. Retnowati diwawancarai POS-KUPANG.COM, Senin (9/9/2019) menjelaskan, dari jumlah 1.509 penderita tersebut 1.069 merupakan penderita HIV dan sisanya, 440 penderita AIDS.

DPC PKB Manggarai Barat Belum Buka Pendaftaran Bakal Calon Bupati

Ia mengatakan, baik penderita HIV maupun AIDS, sebagian besar berada pada rentang usia 25 sampai 49 tahun dan dominan tertular melalui hubungan seks.

Padahal kata dia, berbagai macam sosialisasi sudah terus menerus dilakukan oleh Dinkes Kota Kupang serta LSM untuk menekan penyebaran HIV-AIDS.

Menurutnya, ada 3 cara prinsip dalam pencegahan penularan HIV, yaitu A, B, dan C atau dapat diartikan prinsip Abstinence, be faithfull, condom, dan no drugs.

SBY Beri Arahan Tertutup pada Anggota Legislatif Partai Demokrat, Ini Penjelasan Ibas

Retno menjelaskan, Abstinence berarti tidak berhubungan dengan orang lain selain pasangan, B dari be faithfull saling setia terhadap pasangannya, dan C condom, menggunakan kondom jika pasangan kita mengidap HIV/AIDS atau jika kita tidak yakin terhadap pasangan kita.

Orangtua Harus Jalankan Fungsi Keluarga

drg. Retnowati menjelaskan, penyebaran virus HIV/AIDS seperti fenomena gunung es. "Kita hanya mengetahui di permukaan saja, tetapi kita tidak tau berapa banyak yang tertular dari penderita yang terdata," ungkapnya.

Halaman
1234
Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved