VIDEO: Ini yang Harus Anda Lakukan Sebelum Mobil Anda Masuk Bengkel

VIDEO: Ini yang Harus Anda Lakukan Sebelum Mobil Anda Masuk Bengkel. Kenalilah mobil secara baik supaya mobil Anda baik Anda pun nyaman menggunakannya

VIDEO: Ini yang Harus Anda Lakukan Sebelum Mobil Anda Masuk Bengkel

POS-KUPANG.COM -- VIDEO: Ini yang Harus Anda Lakukan Sebelum Mobil Anda Masuk Bengkel.

Jika mobil Anda masih dalam garansi, bukan berarti Anda tidak boleh memilih bengkel yang dipercaya dengan harga yang lebih miring tanpa anda harus membatalkan garansi. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut ini sebelum mobil Anda masuk bengkel.

1.  Ketika Anda membeli mobil baru, maka Anda akan diberikan buku manual kendaraan (servis), Oleh sebab itu, ikuti aturan servis yang tertuang dalam buku manual tersebut untuk penggantian oli dan filter secara berkala. Biasanya dalam manual tersebut oli dan filter harus diganti setiap 4000 mil (6.400 km) jika menggunakan oli mesin konvensional dan setiap 6000 mil (9.600 km) jika menggunakan oli mesin sintesis.

VIDEO: Rumput Laut Ini Produk Unggulan Sumba Timur. Lihat Videonya

VIDEO: 155 Anak di Paroki Stemada Terima Sakramen Komuni Pertama. Ini Pesan Romo Domi

VIDEO: Pria Ini Lihat Sopir Buang Mobil Pick Up ke Laut di Pelabuhan Wuring Maumere

2.  Anda perlu mengetahui ada oli yang harus diperiksa seluruhnya, seperti oli rem, oli power steering, dan oli transmisi. Karena semua cairan ini memainkan peranan penting dalam keselamatan dan kinerja kendaraan anda.

3.  Pastikan mesin mobil anda selalu di tune up. Seperti busi yang kotor terkadang mengurangi efisiensi bahan bakar hingga 30 persen.

4.  Lakukan pemeriksaan ban sebulan sekali. Ban yang kempes bisa menyebabkan berkurangnya efisiensi bahan bakar mobil anda dan juga memperpendek umur ban pada mobil anda. Pakai tekanan angin standar sehingga andapun terasa nyaman mengendarainya.

5.  Anda wajib memastikan aki, kabel dan komponen listrik lainnya bebas dari kotoran maupun karat. Karena akan berpengaruh pada kondisi lampu dan kelistrikan lainnya pada mobil anda. Sifat kabel yang disenangi semut dapat berpengaruh menyebabkan penyumbatan pada aliran listrik mobil anda.

6.  Sasis mobil anda harus sering dilumasi, hal ini dilakukan untuk memperpanjang umur komponen bergerak dari suspensi kendaraan anda.

VIDEO: Ratusan Jenis Kosmetik Ilegal Disita Balai POM Ende. Ini Videonya

VIDEO: Orang Tua Ini Salah Melafalkan Pancasila di Depan Presiden Jokowi. Ini Videonya

VIDEO: Apesnya Neng Putri, Jutaan Uang Tabungannya, Rusak Dimakan Rayap. Ini Videonya

7.  Anda diwajibkan untuk memeriksa sistem pencahayaan seperti lampu depan, lampu belakang, lampu sein dan lampu rem. Karena lampu-lampu tersebut berperan vital ketika anda berkendara baik di siang maupun malam hari.

8.  Lakukan pemeriksaan pada bilah wiper mobil anda apakah anda keretakan atau kerusakan, jika ada maka minimal setahun sekali atau lebih cepat anda ganti untuk menjaga kaca anda terhindar dari goresan.

9.  Lakukan pemeriksaan pada sistem penyaringan udara. Anda harus memeriksa saringan udara kira-kira setiap dua kali ganti oli untuk melakukan pembersihan kotoran dan sumbatan.

10.             Melakukan pemeriksaan dan penggantian filter udara kabin secara teratur. Fungsi filter udara kabin sebagai tempat penyaring udara sehingga berpengaruh pada kualitas udara yang anda hirup ketika berada di mobil.

Inilah 10 tips dalam merawat mobil Anda agar jarang masuk bengkel. Informasi ini tidak akan berarti apa-apa jika hanya menjadi informasi. Yang penting, adalah Anda harus menerapkan semua tips di atas, jika mobil Anda ingin terawat secara maksimal. Selamat mencoba. (POS-KUPANG.COM)

Nonton Videonya Di Sini:

Editor: Frans Krowin
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved