Opini Pos Kupang

Opini Pos Kupang 22 Juli 2019, Pendidikan di NTT dan Revolusi Industri 4.0

Istilah revolusi industri 4.0 memang bukan lagi hanya jargon para pegiat industri manufaktur dan orang-orang IT, melainkan telah menjadi isu penting

Opini Pos Kupang 22 Juli 2019, Pendidikan di NTT dan Revolusi Industri 4.0
ISTIMEWA
IST Theodorus Mario De Robert 

Pendidikan di NTT dan Revolusi Industri 4.0
Oleh : Theodorus Mario De Robert
Alumnus Pasca Sarjana Teknologi Pendidikan

SEJAK 1 April 2019 berdasarkan surat edaran BAN-PT nomor 570/BAN-PT/LL/2019 pemerintah mewajibkan kampus-kampus menggunakan instrumen akreditasi baru yang berbasis pada revolusi industri 4.0.

Istilah revolusi industri 4.0 memang bukan lagi hanya jargon para pegiat industri manufaktur dan orang-orang IT, melainkan telah menjadi isu penting di dunia pendidikan.

Seperti kita ketahui, revolusi industri 4.0 ditandai tiga fenomena besar yakni big data, cloud computing dan internet of things.

Big data (maha data) merupakan sebutan untuk serangkaian teknik dan teknologi terintegrasi untuk mengolah dan memanfaatkan secara cepat berbagai data dengan volume sangat besar dari berbagai sumber dan berbagai jenis format (Hashem, et al., 2015).

Cloud computing (komputasi awan) adalah suatu model komputasi yang memungkinkan pengguna dapat menyimpan data dalam jumlah besar pada server internet, bukan lagi pada hardisk komputer.

Dengan itu maka orang bisa saling berbagi sumber data dengan atau tanpa bantuan dari penyedia layanan (Mell; Grance, 2011).

Sementara Internet of Things (IoT) merupakan teknologi yang memungkinkan benda-benda di sekitar kita terhubung dengan jaringan internet.

IoT memungkinkan objek tertentu punya kemampuan untuk mentransfer data lewat jaringan internet tanpa memerlukan interaksi dari manusia ke manusia ataupun dari manusia ke perangkat komputer.

IoT secara riil misalnya hadir dalam teknologi GPS, teknologi peringatan dini tsunami, e-parking, dll.

Halaman
1234
Editor: Ferry Jahang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved