Berita Manggarai Timur

BPKP NTT Audit BLUD SPAM Matim, Ini Hasilnya

BPKP Perwakilan NTT telah melakukan audit atas pengelolaan keuangan daerah di Kantor BLUD SPAM Kabupaten Manggarai Timur (Matim).

BPKP NTT Audit BLUD SPAM Matim, Ini Hasilnya
POS-KUPANG.COM/Aris Ninu
Kabag Teknik BLUD SPAM Matim, Paulus Beo 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu

POS-KUPANG.COM | RUTENG - BPKP Perwakilan NTT telah melakukan audit atas pengelolaan keuangan daerah di Kantor BLUD SPAM Kabupaten Manggarai Timur (Matim).

Hasil audit pengelolaan keuangan oleh BLUD SPAM Matim Tahun 2017 telah dikeluarkan oleh BPKP. BPKP NTT memberikan penilaian wajar tanpa pengecualian (WTP).

Atas penilaian itu, Kabag Teknik BLUD SPAM Matim, Paulus Beo kepada POS-KUPANG.COM di Borong, Senin (6/8/2018) sore, menegaskan, BLUD SPAM Matim sudah layak dinaikkan status menjadi PDAM.

Baca: PKPI Lembata Tak Ajukan Nama Pengganti Ipi Bediona

"Atas dasar penilaian itu maka kami sedang siapkan dokumen agar BLUD SPAM Matim bisa menjadi PDAM. Di peningkatan status tersebut perlu mendapat persetujuan DPRD Matim. Selain itu, surat keputusan (SK) dari Bupati Matim juga penting agar bisa dibahas di DPRD.Semua yang diminta terkait BLUD SPAM menjadi PDAM sudah kami siapkan," kata Paulus.

Ia mengatakan, dokumen seperti SDM, sumber daya air dan jumlah pelanggan sudah disiapkan termasuk dasar hukum BLUD SPAM Matim naik status menjadi PDAM.

"Untuk ke tahap PDAM perlu persetujuan DPRD karena terkait anggaran.Maka itu kami sedang membangun diskusi dengan DPRD Matim agar ada agenda pembahasan BLUD SPAM menjadi PDAM," ujar Paulus.

Ia mengatakan, dengan naik status menjadi PDAM maka pengelolaan akan berdiri sendiri tanpa harus melalui Dinas PU Matim.

"Selama proses pengelolaan keuangan kami ajukan ke Dinas PU Matim baru ada proses pencairan.Maka itu kami sudah agar naik status menjadi PDAM,"papar Paulus.

Ia pun menjamin naik statusnya BLUD SPAM menjadi PDAM tentunya perlu disikapi dengan perbaikkan pelayanan kepada masyarakat Matim.

"PDAM itu memiliki dua fungsi yakni sosial dan ekonomi.Kedua fungsi ini harus berjalan dengan baik demi perkembangan PDAM yang sehat dalam pelayanan," tutur Paulus.

Ia pun menambahkan, BLUD SPAM Matim pun sudah studi banding di PDAM Tirta Komodo Manggarai guna membangun diskusi terkait berdirinya PDAM yang definitif. (*)

Penulis: Aris Ninu
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help