Berita Sikka

Erosi di Kali Weko Sikka Semakin Parah

pasti tanahnya jatuh apalagi tanah ini tanah pasir jadi mudah sekali jatuh. Tahun lalu itu masih di sebelah sana

Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/ALBERT AQUINALDO
EROSI DI KALI WEKO - Titik erosi terparah di sepanjang Kali Weko tepatnya di Dusun Magedoa, Desa Langir, Kecamatan Kangae, Kabupaten Sikka, Minggu, 22 Januari 2023. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Albert Aquinaldo

POS-KUPANG.COM, MAUMERE - Erosi yang terjadi di Kali Weko tepatnya di Dusun Magedoa, Desa Langir, Kecamatan Kangae, Kabupaten Sikka, Flores, Nusa Tenggara Timur semakin parah.

Jika sebelumnya jarak dari tepi kali ke rumah warga kurang lebih 10-15 meter, kali ini jarak dari tepi kali ke rumah warga diperkirakan 5-7 meter.

Dikuatirkan, apabila terjadi hujan dengan intensitas tinggi, maka dipastikan rumah milik Geegori Karni, warga Dusun Magedoa, Desa Langir akan roboh.

Baca juga: Rumah Rusak Diterjang Angin Puting Beliung, Warga Nangahale Sikka Mengungsi

Pantauan POS-KUPANG.COM, Minggu, 22 Januari 2023 siang, beberapa tanaman pohon Reo dan bambu yang ditanam warga Dusun Magedoa untuk menahan erosi belum mampu menahan erosi yang kerap terjadi di titik tersebut.

Erosi tersebut terjadi di beberapa titik di sepanjang Kali Weko dan diduga akibat dari aktivitas galian C ilegal.

Beberapa waktu lalu, warga Dusun Magedoa, Desa Langir secara bergotong royong menanam pohon Reo dan bambu guna menahan erosi.

Geegori Karni, menyebutkan, apabila sering terjadi erosi maka rumahnya bisa dipastikan akan roboh.

"Kalau hujan besar, pasti tanahnya jatuh apalagi tanah ini tanah pasir jadi mudah sekali jatuh. Tahun lalu itu masih di sebelah sana, tahun ini erosinya semakin dekat rumah," ujar Gergoria Karni.

Baca juga: Angin Puting Beliung Terjang Nangahale Kabupaten Sikka, Rumah Warga Rusak

Sejak tahun 2021, belum ada upaya apapun baik dari Pemerintah Desa Langir maupun Pemerintah Kabupaten Sikka untuk mengatasi erosi di Kali Weko, tepatnya di Dusun Magedoa, Desa Langir, Kecamatan Kangae.

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM Lainnya di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved