Berita Timor Tengah Selatan

Tekan Angka Kematian Ibu dan Anak, Pemerintah Tingkat Kecamatan Tobu, TTS Canangkan Tabumil

Rapat pencanangan Tabumil yang berlangsung di Aula Kantor Desa Tobu ini diselenggarakan pihak kecamatan Tobu dengan mengundang ibu hamil

Editor: Edi Hayong
POS-KUPANG.COM/ADRIANUS DINI
POSE BERSAMA - Pejabat Kecamatan Tobu Kabupaten Timor Tengah Selatan pose bersama petugas kesehatan juga ibu-ibu hamil disaat kegiatan pencanangan Tabumil (Tabungan untuk Ibu Hamil) guna menekan angka kematian ibu dan anak di wilayah setempat, Senin, 5 Desember 2022. Rapat pencanangan Tabumil oleh pemerintah tingkat kecamatan Tobu, Kabupaten TTS berlangsung di Aula Kantor Desa Tobu, Senin, 5 Desember 2022 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Adrianus Dini

POS-KUPANG.COM, SOE - Pihak pemerintah tingkat Kecamatan Tobu Kabupaten Timor Tengah Selatan mencanangkan Tabungan untuk Ibu Hamil atau Tabumil guna menekan angka kematian ibu dan anak di wilayah setempat, Senin, 5 Desember 2022.

Rapat pencanangan Tabumil yang berlangsung di Aula Kantor Desa Tobu ini diselenggarakan pihak kecamatan Tobu dengan mengundang ibu hamil bersama pasangan, pemerintah desa dan tenaga kesehatan desa.

Menurut Camat Tobu Yusak Talan melalui Sekretaris Camat, Vincent Tapatab, STP menyampaikan pencanangan Tabumil ini dilakukan usai pihaknya berkoordinasi dengan tenaga kesehatan tingkat kecamatan.

"Hari ini kita melakukan pencanangan tabumil. Hal ini terjadi usai koordinasi antara pihak tenaga kesehatan dengan pemerintah kecamatan, di mana banyak ibu hamil yang melahirkan di rumah dan itu sangat beresiko bagi keselamatan ibu dan bayi. Ada juga bayi yang meninggal akibat penanganan kehamilan yang terjadi bukan di Fasilitas kesehatan dalam hal ini Puskesmas atau Rumah sakit," ungkapnya.

Dia menyebut kondisi di atas terjadi karena kerap keluarga atau ibu hamil tidak memiliki biaya yang cukup untuk kebutuhan persalinan.

"Berangkat dari alasan tersebut kita berinisiatif untuk mencanangkan Tabumil di wilayah kecamatan Tobu," imbuhnya.

Baca juga: Persoalan Besipae Timor Tengah Selatan Belum Selesai, ITA PKK Minta Pemprov NTT Duduk Bersama 

"Upaya ini juga sebagai bentuk pencegahan terhadap angka stunting yang masih tinggi di kabupaten ini. Dengan adanya Tabumil diharapkan dapat mengakomodir kebutuhan ibu hamil saat persalinan," terangnya.

Dirinya menyebut data per Desember 2022 ada sekitar 96 ibu hamil di wilayah kecamatan ini. 

"Kita pihak kecamatan membangun kerja sama dengan pihak desa dan tenaga kesehatan dalam mengatasi kondisi yang ada," imbuhnya.

"Kita berharap dengan pencanangan tabumil yang ada semua ibu hamil memiliki anggaran yang cukup saat hendak melahirkan. Kita membuat semacam buku tabungan dari masing-masing ibu hamil dan kemudian dikontrol pemerintah desa masing-masing. Pada waktu hendak melahirkan uang tersebut digunakan untuk segala keperluan persalinan," katanya.

Bagi keluarga yang tidak mampu ungkap Vincent, akan diakomodir dengan surat keterangan tidak mampu sehingga turut membantu pihak yang dimaksud.

"Hal yang paling penting bahwa angka kematian ibu dan bayi dan diatasi karena proses melahirkan terjadi di Fasilitas kesehatan," ucapnya.

Baca juga: Pimpinan Harian Pagi Pos Kupang Silahturahmi di Pemda dan DPRD Timor Tengah Selatan

Sementara itu, kepala Puskesmas Tobu, Stefen Tausu, SKM menyampaikan banyak ibu hamil terkendala sampai ke Fasilitas kesehatan karena kendaraan yang tidak lancar ditambah biaya akomodasi oleh pihak keluarga.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved