Berita Manggarai Timur

Agustinus Tangkur Resmi Dilantik Jadi Ketua DPRD Manggarai Timur Gantikan Heremias Dupa

Adapun pelantikan politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini berlangsung dalam Rapat Paripurna XII Pelantikan Pengganti Ketua DPRD Manggarai Timur

Penulis: Robert Ropo | Editor: Eflin Rote
POS-KUPANG.COM/ROBERT ROPO
LANTIK - Agustinus Tangkur sedang dilantik oleh Ketua Pengadilan Negeri Ruteng. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM, BORONG - Anggota DPRD Manggarai Timur, Agustinus Tangkur, S.Ap dilantik menjadi Ketua DPRD Manggarai Timur periode 2019-2024 menggantikan Heremias Dupa yang mengundurkan diri karena bertarung dalam pemilihan Wakil Bupati Manggarai Timur sisa masa jabatan 2019-2024.

Adapun pelantikan politisi Partai Amanat Nasional / PAN ini berlangsung dalam Rapat Paripurna XII Pelantikan Pengganti Ketua DPRD Manggarai Timur Masa Jabatan 2019-2024.

Rapat ini berlangsung di Ruang Sidang Utama DPRD Manggarai Timur, Senin 28 November 2022.

Baca juga: Kagum dan Inspiratif, Tim PSKP Kemendikbudristek RI Kunjungi SMPN 18 Borong Manggarai Timur

Agustinus dilantik oleh Ketua Pengadilan Negeri Ruteng, Charni Wati Ratu Mana, S.H., M.H.

Hadir dalam pelantikan itu, Bupati Manggarai Timur Agas Andreas,SH.,M.Hum, Wakil Ketua I DPRD Bernadus Nuel, Wakil Ketua II DPRD Damu Damian bersama anggota DPRD, perwakilan pimpinan Forkopimda, Sekertaris Daerah Ir Boni Hasudungan Siregar, Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, Pimpinan OPD, Pimpinan Instansi Vertikal, Pimpinan BUMN dan BUMD serta undangan lainya. 

Pantauan POS-KUPANG.COM, usai mengambil sumpah dan janji jabatan, dilakukan penandatanganan Berita Acara pelantikan dan selanjutnya penyerahan palu pimpinan oleh Wakil Ketua I DPRD selaku Plt Ketua DPRD Bernadus Nuel kepada Agustinus Tangkur selaku ketua DPRD pergantian antar waktu (PAW) yang dilantik. 

Agustinus Tangkur dalam sambutannya, menyampaikan, Lembaga DPRD sebagai unsur pemerintah daerah yang berfungsi menampung aspirasi masyarakat, pada saat ini tidak hanya sekedar berperan membuat kebijakan dan mengawasi penyelenggaraan pemerintah daerah, tetapi dapat memainkan perannya sebagai wakil masyarakat. Peran ini cukup signifikan mengingat bahwa dinamika aspirasi masyarakat dengan segala kepentingan dan kebutuhan yang bervariasi. 

Baca juga: Nanga Lok, Surga Tersembunyi Indonesia di Manggarai Timur, Keindahannya Sungguh Menakjubkan

"Disinilah pentingnya arah kebijakan harus benar-benar berorientasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan target yang tertuang dalam garis besar RPJMD Kabupaten Manggarai Timur," Ujarnya. 

Menurut Agustinus, perubahan sosial dan perkembangan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat tersebut menuntut mereka selaku anggota dewan untuk meningkatkan profesionalisme dengan pemahaman tugas. Sekecil apapun kebijakan yang ditetapkan harus diproses melalui prosedur yang berlaku dan ditetapkan secara transparan sehingga dapat dipertanggungjawabkan.

Hal ini sangat penting dilakukan karena pada saat ini masyarakat senantiasa memperhatikan dan mengawasi lembaga terhormat itu.

Agustinus juga mengatakan, pelantikan itu merupakan moment bersejarah yang telah menunjuknya sebagai Ketua DPRD untuk menjalankan tugasnya sebagai ketua DPRD.

Menurut Agustinus, dalam pembangunan kedepan tentu harus ada kerjasama yang baik karena masih banyak agenda-agenda penting ke depan. Dengan kerjasama yang kuat serta sumbangsih pikiran yang positif, akan bisa melihat matahari kesejahteraan bagi masyarakat Manggarai Timur. 

Agustinus juga mengajak Forkompinda Kabupaten Manggarai Timur dan seluruh komponen lapisan masyarakat untuk secara bersama-sama mengembankan tugas dan kewajiban masing-masing dan bekerja sama dalam rangka melaksanakan pembangunan di Kabupaten Manggarai Timur. 

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved