API Award 2022

Nanga Lok, Surga Tersembunyi Indonesia di Manggarai Timur, Keindahannya Sungguh Menakjubkan

Nanga Lok, salah satu destinasi wisata di Kabupaten Manggarai Timur, Flores-NTT masuk Kategori Surga Tersembunyi Indonesia dalam API Award 2022.

Editor: Frans Krowin
POS-KUPANG.COM
TELUK NANGA LOK - Indahnya Teluk Nanga Lok di Kabupaten Manggarai Timur, NTT (Nusa Tenggara Timur) masuk dalam Kategori Surga Tersembunyi di Indonesia. Kategori ini diumumkan dalam Anugerah Pesona Indonesia (API) Awards 2022 pada Kamis 24 Novemmber 2022. Teluk Nanga Lok merupakan salah satu destinasi favorit yang paling banyak dikunjungi wisatawan domestik. 

POS-KUPANG.COM - Nanga Lok, salah satu destinasi wisata di Kabupaten Manggarai Timur, Flores-NTT ( Nusa Tenggara Timur) masuk dalam Kategori Surga Tersembunyi dalam Anugerah Pesona Indonesia atau API Awards 2022.

API Award 2022 ini berlangsung di Gedung AAC Dayan Dawood Banda Aceh, 24-25 November 2022. Tahun ini Aceh menjadi tuan rumah penyelenggaraan API Award 2022.

Nanga Lok berada di nomor urut satu dalam Kategori Surga Tersembunyi disusul Terujak Falls, Kabupaten Aceh Timur dan Danau Ulak Lia Kabupaten Musi Banyuasin di urutan ketiga.

Dengan posisi yang demikian, maka dalam tahun 2022 ini, NTT kembali mempersembahkan salah satu potensi wisata alam terindah di Flores untuk menambah khasanah wisata di Tanah Air.

Baca juga: Waspada Narkoba di Labuan Bajo, Destinasi Wisata Premium, Wisatawan Wajib Bebas Narkoba 

Lantas, seperti apakah keindahan Nanga Lok yang ada di Kabupaten Manggarai Timur?

Unutuk diketahui, Kabupaten Manggarai Timur, Flores, NTT menyimpan begitu banyak obyek wisata yang mempesona.

Salah satunya adalah obyek wisata Teluk Nanga Lok yang terletak di Desa Golo Lijun, Kecamatan Elar. Teluk Nanga Lok bagaikan serpihan surga yang jatuh ke bumi karena memiliki daya tarik sendiri.

Disebut Teluk Nanga Lok karena air laut menjorok masuk ke daratan sepanjang kurang lebih 3 kilometer dengan lebar sekitar 300-500 meter. Makin menggoda karena air pada teluk ini sangat tenang dengan memancarkan warna kebiruan dan jernih.

Di sekeliling teluk ini dihiasi pohon bakau dan padang savana (rumput) yang hijau menguning membaluti lereng dan perbukitan yang ada di sekitar teluk ini, makin memanjakan mata pengujung. Nuansanya masih terasa alami dan sejuk, makin memikat hati Anda.

Memang Teluk Nanga Lok belum di kenal begitu luas, tidak sebanding dengan Komodo Hewan Purba yang ada di pulau Rinca ataupun pulau Padar di Kabupaten Manggarai Barat. Teluk Nanga Lok bisa disematkan seperti surga yang yang masih tersembunyi.

Karena itu, Teluk Nanga Lok, kini masuk dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) dengan kategori Surga Tersembunyi bersama 9 obyek wisata lainnya dari seluruh Indonesia.

Baca juga: Harga Promo Sewa Mobil di Labuan Bajo, Berkeliling Kunjungi Destinasi Wisata Menarik di Flores Barat

Keputusan ini dikeluarkan oleh Komite Seleksi Anugerah Pesona Indonesia dan disiarkan secara langsung melalui akun YouTube APIaward, Senin 9 Mei 2022.

Salah satu pengunjung, Dokter Helen Bambar, kepada POS-KUPANG.COM, Rabu 11 Mei 2022, terpesona dengan keindahan Teluk Nanga Lok.

"Yang disuka dari Nanga Lok, walaupun jaraknya jauh tapi pemandangan sepanjang jalan khususnya di sepanjang pesisir Utara mulai dari Dampek sampai Golo Lijun sangat mempesona. Destinasi ini selain alami juga jauh dari keramaian,sehingga cocok untuk melepaskan diri dari kepenatan,"ujarnya.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved