Berita Manggarai Timur

Kagum dan Inspiratif, Tim PSKP Kemendikbudristek RI Kunjungi SMPN 18 Borong Manggarai Timur

Unggul juga menerangkan pengambilan gambar ini dilakukan di dua sekolah di Manggarai Timur yakni SMPN 18 Borong dan SMPN 5 Borong. 

Penulis: Robert Ropo | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/ROBERT ROPO
PENGAMBILAN GAMBAR -Tim PSKP sedang mengambil gambar di SMPN 18 Borong 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM, BORONG - Tim Pusat Standar dan Kebijakan Pendidikan (PSKP), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Ristek dan Teknologi (Kemendikbudristek RI) mengunjungi SMPN 18 Borong, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur.

Kedatangan tim yang dipimpin, Unggul Sudrajat, Analis Kebijakan Muda PSKP itu diterima langsung oleh Kepala SMPN 18 Borong, Astika Fridivianty, S.Pd bersama para guru dan siswa-siswi di sekolah, Sabtu, 26 November 2022.

Turut hadir juga Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (PPO) Kabupaten Manggarai Timur Winsensius Tala, S.Pd bersama sejumlah staf. 

Baca juga: Tiga Hari Jaringan Eror, Pelayanan Dokumen Kependudukan Dukcapil Manggarai Timur Terganggu

Unggul Sudrajat kepada POS-KUPANG.COM, menerangkan, dari tanggal 25-30 November 2022, Tim PSKP berkunjung ke Kabupaten Manggarai Timur untuk mengambil gambar dalam program Prespektif Perbincangan Pendidikan Inspiratif. 

Pengambilan gambar dan mewawancarai pihak sekolah itu, kata Unggul, pihaknya ingin melihat dan belajar dari Kabupaten Manggarai Timur mengenai praktek baik Pendidikan yang dijalankan. 

"Bagaimana kita tahu bahwa Manggarai Timur ini sudah menjelankan berbagai program dari Kemendikbudristek RI seperti program sekolah penggerak dan program implementasi kurikulum merdeka belajar," terangnya. 

Dikatakan Unggul, dari data yang pihaknya peroleh ini merupakan contoh menarik yang kemudian diangkat ke tingkat Nasional. Dengan harapan agar Sekolah-sekolah yang ada di daerah lain dapat belajar dari Kabupaten Manggarai Timur mengenai semangat pendidikan yang ada. 

Unggul juga menerangkan pengambilan gambar ini dilakukan di dua sekolah di Manggarai Timur yakni SMPN 18 Borong dan SMPN 5 Borong. 

Baca juga: Video Viral TikTok, Ibu Dan Anak Hanyut Terbawa Arus Air Sungai di Lambaleda Timur Manggarai Timur

"Kemarin kami ke SMPN 5 Borong kita disambut dengan tarian caci,  kita juga mengikuti rangkaian proses pembelajaran yang diikuti oleh siswa-siswi dengan berbagai projek penguatan profil pelajar pancasila atau P5. Dan kita mengikuti sampai ke rumah gendang dan kita melihat rencana pesta sekolah yang direncanakan oleh warga,"terangnya.

Unggul juga mengatakan, selanjutnya menuju SMPN 18 Borong juga untuk melihat proses pembelajaran dengan P5 yang dilakukan oleh pihak sekolah. 

Unggul juga mengaku mereka sangat tercengang dan kagum dengan dedikasi kepala sekolah bersama para guru dan juga semangat para guru dalam proses pembelajaran meskipun ditengah keterbatasan fasilitas dan sarana-prasarana di SMPN 18 Borong

"Kita melihat meskipun di tengah keterbatasan, namun justru mereka mampu tumbuh semangat dalam belajar. Ini menjadikan semangat motivasi dan inspiratif kami yang nantinya kami akan sampaikan kepada seluruh masyarakat di Indonesia,"terangnya.

Kepala SMPN 18 Borong, Astika Fridivianty, S.Pd menyampaikan rasa syukur dan terimakasih kepada Kemendikbudristek RI dengan kunjungan dari pihak PSKP di sekolah itu untuk melihat dan mewawancarai mereka terkait program yang dijalankan selama ini. 

Baca juga: Video Viral TikTok, Ibu Dan Anak Hanyut Terbawa Arus Air Sungai di Lambaleda Timur Manggarai Timur

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved