Breaking News:

Berita Rote Ndao

Semarak HUT TNI ke-77, Lanal Pulau Rote dan Kodim 1627/Rote Ndao Tabur Bunga Serta Baksos Kasih 

Jadi acara tabur bunga, menurutnya, sebagai pengganti kegiatan ziarah ke taman makam pahlawan karena di Rote tidak ada taman makam pahlawan.

Editor: Eflin Rote
POS-KUPANG.COM / MARIO GIOVANI TETI
TABUR BUNGA - Danlanal Pulau Rote, Letkol Laut (P) M. Noordin Mutaqien dan Dandim 1627/Rote Ndao, Letkol Inf Bayu Panji Bangsawan turut serta Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu dan Wakil Bupati, Stefanus M Saek menabur bunga di TPI Tulandale, Rote Ndao. Senin, 03 Oktober 2022. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Mario Giovani Teti

POS-KUPANG.COM, BA'A - Dalam rangka menyambut HUT TNI ke-77, Lanal Pulau Rote berkolaborasi dengan Kodim 1627/Rote Ndao melaksanakan acara tabur bunga dan bakti sosial di panti asuhan, Senin 3 Oktober 2022.

Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan surat Panglima TNI Nomor B/3511-02/23/01/Spers tanggal 20 September 2022. Danlanal Pulau Rote, Letkol Laut (P) M. Noordin Mutaqien mengatakan, salah satu kegiatan yakni acara tabur bunga telah dilaksanakan.

"Dalam menyambut HUT TNI ke-77, kami berkolaborasi dengan Kodim 1627/Rote Ndao tadi telah melaksanakan salah satunya acara tabur bunga," kata Danlanal Pulau Rote

Menurut Letkol Laut (P) M. Noordin Mutaqien, acara tabur bunga menjadi pengganti kegiatan ziarah ke taman makam pahlawan karena di Rote tidak ada taman makam pahlawan.

Baca juga: Ketua DPRD Rote Ndao Minta Warga Wajib Pertahankan Nilai Pancasila di Ujung Selatan NKRI

Kegiatan tabur bunga ini menurut Letkol Laut (P) M. Noordin Mutaqien dilaksanakan di TPI Tulandale, Kelurahan Merina, Kecamatan Lobalain, Kabupaten Rote Ndao.

"Tabur bunga ini, kita mengenang jasa-jasa pahlawan dan pendiri bangsa. Setelah tabur bunga, kita laksanakan bakti sosial di Panti Asuhan Yayasan Mercy Indonesia Cabang Rote Ndao, Desa Baadale, Kecamatan Lobalain,"  ungkap Letkol Laut (P) M. Noordin Mutaqien.

Pihaknya bersama Kodim 1627/Rote Ndao memberikan sembako berupa beras, telur, ada juga mie, gula dan sebagainya. Ia berharap, mudah-mudahan sembako yang diberikan bisa untuk satu bulan.

Sesuai dengan instruksi Bapak Panglima TNI, masih kata Letkol Laut (P) M. Noordin Mutaqien, rangkaian kegiatan menyongsong HUT TNI, yang pertama itu ziarah ke taman makam pahlawan ataupun tabur bunga, kedua bhakti sosial dan ketiga upacara peringatan yang akan dilaksanakan tanggal 05 Oktober nanti.

Baca juga: Danlanal Pulau Rote Sebut Pancasila The Way Of Life

Selain itu, dirinya mengakui bahwa sinergitas antara TNI dan masyarakat bahkan semua elemen sudah terjalin dengan baik dan berlangsung sudah lama sejak TNI berdiri.

"TNI itu tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional. Karena memang, TNI itu tentara yang memang betul terbentuk dari rakyat," jelasnya.

Yang jelas, sebut Letkol Laut (P) M. Noordin Mutaqien, di Daerah Terselatan, Pulau Rote ini, TNI telah bersinergi baik dengan masyarakat maupun instansi-instansi yang lain.

"Kita bahu-membahu dalam rangka menjaga kedaulatan NKRI. Setiap kali kita melaksanakan operasi, baik melalui kekuatan di darat maupun di laut melibatkan semua elemen. Dari rakyat, Pemerintah Daerah, semuanya," cetusnya 

Ia menambahkan, karena sesungguhnya, doktrin TNI, kenapa negara kuat, salah satunya itu ketahanan rakyat semesta.

"Kita tanpa dukungan rakyat atau yang lainpun kita lemah. Apalagi kita negara berkembang bukan negara maju. Anggaran kita tergolong cukup, bukan dikatakan besar, jadi strategi kita yah pertahanan rakyat semesta. Apa yang kita punya itu yang kita kembangkan dan pertahankan," tutup Letkol Laut (P) M. Noordin Mutaqien.

Turut hadir dalam acara penaburan bunga, Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu, Wakil Bupati, Stefanus M Saek, Dandim 1627/Rote Ndao, Letkol Inf Bayu Panji Bangsawan, Kepala BNNK Rote Ndao, Raden Bogie Setia Perwira Nusa, Kalapas Kelas III Ba'a, Daniel Saekoko, Camat Lobalain, Nusry Zacharias, ibu-ibu Persit KCK Cab.XLII Dim 1627/Rote Ndao, Jalasenastri Cabang 4 DJA II dan Bhayangkari Cabang Rote Ndao. (Cr.10)

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved